Laba-laba dalam al-Qur'an: analisis penafsiran saintifik Zaghlul al-Najjar terhadap surah al-Ankabut ayat 41

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdillah, Humam Nuh (2024) Laba-laba dalam al-Qur'an: analisis penafsiran saintifik Zaghlul al-Najjar terhadap surah al-Ankabut ayat 41. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Humam Nuh Abdillah_E93217062 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (5MB)
[img] Text
Humam Nuh Abdillah_E93217062.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemahaman terhadap Al-Quran selalu mengalami perkembangan. Manusia melakukan upaya memahami al-Quran dengan berbagai sudut pandang, salah satunya dari sudut pandang ilmu pengetahuan. Salah satu ayat Alquran yang membahas isyarat-isyarat ilmiah terletak pada surah al-Ankabut ayat 41 yang berbicara tentang laba-laba. Laba-laba merupakan hewan yang keberadaanya seringkali tidak kita perhatikan. Namun hewan ini merupakan salah satu hewan yang disebutkan dalam kitab Al-Quran yang mulia. Kondisi tersebut menunjukkan adanya isyarat ilmiah pada laba-laba sehingga menarik untuk dikaji lebih dalam. Hal ini membuat beberapa mufassir, termasuk mufassir kontemporer berkebangsaan Mesir, Zaghlul al-Najjar, mendalami ayat-ayat kauniyah. Zaghlul al-Najjar dalam kitabnya Tafsi>r al-A>yat al-Kawniyyah fi> al-Qur’a>n al-Kari>m memberikan penafsiran saintifik yang mendalam terkait ayat-ayat kauniyah, termasuk mengenai laba-laba dalam surah al-Ankabut ayat 41. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1.Bagaimana analisis keserasian redaksi surah al-Ankabut ayat 41 dengan fakta ilmiah laba-laba perspektif Zaghlul al-Najjar dalam kitab Tafsi>r al-A>yat al-Kawniyyah fi> al-Qur’a>n al-Kari>m? 2.Bagaimana kedudukan rumah laba-laba yang disifati lemah dalam surah al-Ankabut ayat 41 dengan penelitian ilmiah tentang kuatnya jaring laba-laba? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penafsiran saintifik Zaghlul al-Najjar tentang laba-laba dalam Al-Quran surah al-Ankabut ayat 41 dan mendeskripsikan relevansi penafsiran tersebut dengan penemuan ilmiah. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian library research dengan metode kualitatif. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif-analisis. Sumber data primer yang digunakan adalah Al-Qur’an dan kitab Tafsi>r al-A>yat al-Kawniyyah fi> al-Qur’a>n al-Kari>m. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penafsiran Zaghlul al-Najjar terkait laba-laba disajikan dengan baik dan mendalam. Zaghlul menjelaskan isyarat atau fakta ilmiah mengenai laba-laba dengan dukungan penelitian terkini. Dipaparkan bahwa laba-laba adalah makhluk yang memiliki kehidupan individualistis dan sarangnya merupakan struktur yang rapuh. Kelemahan rumah laba-laba ini menjadi perumpamaan bagi kelemahan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah. Penafsiran Zaghlul juga menunjukkan adanya keserasian antara isyarat ilmiah dalam surah al-Ankabut ayat 41 dengan temuan ilmiah modern mengenai biologi dan ekologi laba-laba.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdillah, Humam Nuhhumamnuh@gmail.comE93217062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIwanebel, Fejrian Yazdajirdiwanebel@uinsby.ac.id2004039001
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Laba-laba; al-Qur'an; penafsiran Zaghlul al-Najjar; surah al-Ankabut
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Humam Nuh Abdillah
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:12
Last Modified: 30 Jul 2024 02:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72154

Actions (login required)

View Item View Item