Implementasi metode small group discussion learning dalam mengembangkan kemampuan berinovasi siswa pada pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMA Negeri 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Charomaini, Ainussofi Barkatul (2024) Implementasi metode small group discussion learning dalam mengembangkan kemampuan berinovasi siswa pada pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainussofi Barkatul Charomaini_06020120023 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 September 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Ainussofi Barkatul Charomaini_06020120023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti mempunyai peranan penting dalam membentuk karakter dan akhlak peserta didik sekaligus memberikan kesempatan berkembangnya pemikiran kreatif dan inovatif. Memilih pendekatan pembelajaran yang tepat merupakan salah satu cara agar pembelajaran tetap menarik dan beragam. Pendekatan ini adalah metode small group discussion learning. Dengan ini, peneliti merumuskan; 1) Perencanaan implementasi metode small group discussion learning dalam mengembangkan kemampuan berinovasi siswa pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 2 Sidoarjo, 2) Implementasi metode small group discussion learning dalam mengembangkan kemampuan berinovasi siswa pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 2 Sidoarjo, 3) Evaluasi Guru Setelah Implementasi Metode Small Group Discussion Learning dalam Mengembangkan Kemampuan Berinovasi Siswa pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Peneliti memakai pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu; 1) Perencanaan implementasi metode small group discussion learning SMA Negeri 2 Sidoarjo yaitu pembuatan perangkat pembelajaran seperti RPE, PROTA, PROMES, Silabus atau ATP, CP, RPP, atau Modul Pengajaran. 2) Implementasinya meliputi: setiap siswa berkumpul menurut kelompoknya dan ketua kelompok memandu diskusi, setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi dan kesimpulan atas permasalahan yang diberikan, guru mengawasi jalannya proses pembelajaran, dan guru memberikan penguatan materi. 3) Evaluasiya meliputi: guru menilai dan melihat tingkat partisipasi aktif siswa dalam diskusi kelompok, guru menilai kemampuan siswa dalam berpikir kritis dan analitis, guru memperhatikan kemampuan siswa dalam bekerjasama dengan anggota kelompok lain, guru melihat dan menilai ide-ide inovatif yang nyata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Charomaini, Ainussofi Barkatulainussofib@gmail.com06020120023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorManan, Abdulabdul.manan@uinsa.ac.id0710067001
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Small group discussion learning; kemampuan berinovasi; PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ainussofi charomaini
Date Deposited: 13 Sep 2024 08:48
Last Modified: 13 Sep 2024 08:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72162

Actions (login required)

View Item View Item