Analisis kualitas air dan daya tampung Kali Pegirian Surabaya dengan metode qual2kw

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fissuroyya, Verina Himmatuha (2024) Analisis kualitas air dan daya tampung Kali Pegirian Surabaya dengan metode qual2kw. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Verina Himmatuha Fissuroyya_09030520049 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2027.

Download (6MB)
[img] Text
Verina Himmatuha Fissuroyya_09030520049.pdf

Download (1MB)

Abstract

Isu lingkungan yang umum terjadi adalah buangan limbah cair dalam jumlah besar, baik dari aktivitas domestik maupun industri. Kali Pegirian merupakan percabangan anak Sungai Kalimas yang dimulai dari Jalan Undaan hingga bermuara di pintu air Tambak Wedi. Hasil analisis laboratorium BLH Surabaya tahun 2015 menunjukkan bahwa Kali Pegirian memiliki konsentrasi BOD yang tidak memenuhi baku mutu di sepanjang tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas air pada parameter fisik, kimia, dan biologi menggunakan pemodelan Qual2Kw, mengetahui status mutu air menggunakan STORET, dan mengetahui daya tampung Kali Pegirian. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan pada 4 titik yang diambil secara time series, yaitu pagi dan sore hari dengan parameter yang diujikan adalah temperature, TSS, pH, BOD, COD, DO, PO4, NH3, dan E coli. Berdasarkan pemodelan dengan Qual2Kw diperoleh kualitas Kali Pegirian pada simulasi 1 (eksisting) menunjukkan bahwa parameter temperatur, pH, TSS, DO, dan COD masih memenuhi baku mutu sungai kelas IV sedangkan parameter BOD, fosfat, amoniak, dan E coli telah melampaui baku mutu sungai kelas IV sehingga menandakan kualitas Kali Pegirian tercemar. Untuk simulasi 2 (prediksi tahun 2029) pada parameter TSS, DO, dan COD masih memenuhi baku mutu sungai kelas IV dan hanya parameter BOD yang melampaui baku mutu sungai kelas IV. Simulasi 3 (self purifikasi) dan 4 (untuk daya tampung) masih memenuhi baku mutu sungai kelas IV untuk semua parameter. Status mutu air Kali Pegirian berdasarkan metode STORET memperoleh skor total -47.75 yang menandakan status tercemar berat. Kali Pegirian memiliki daya tampung terhadap parameter TSS, BOD, COD, fosfat, amoniak, dan E coli. Daya tampung maksimum terdapat pada segmen 1 dan daya tampung minimum terdapat pada segmen 2.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fissuroyya, Verina Himmatuhahimmaverina@gmail.com09030520049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyowati, Rr. Diah Nugrahenidiahnugraheni@uinsby.ac.id2001058202
Thesis advisorNengse, Sulistiyasulistiya.nengse@uinsby.ac.id0709109001
Subjects: Lingkungan Hidup
Teknik Lingkungan
Keywords: Kualitas air; daya tampung Kali; metode qual2kw
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Verina Himmatuha Fissuroyya
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:55
Last Modified: 24 Jul 2024 06:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72171

Actions (login required)

View Item View Item