Uji akurasi arah kiblat Masjid Hunto peninggalan Sultan Amai di Kelurahan Biawu Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kaluku, Siti Lutvia (2022) Uji akurasi arah kiblat Masjid Hunto peninggalan Sultan Amai di Kelurahan Biawu Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Lutvia Kaluku_C76218020 OK.pdf

Download (775kB)
[img] Text
Siti Lutvia Kaluku_C76218020 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Uji Akurasi Arah Kiblat Masjid Hunto Peninggalan Sultan Amai di Kelurahan Biawu Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi ini menjawab dua rumusan masalah, yaitu tentang metode yang digunakan dalam menentukan arah kiblat Masjid Hunto peninggalan Sultan Amai di Kelurahan Biawu Kecamatan Kota Selatan Kabupaten Gorontalo dan tingkat akurasi arah kiblat Masjid Hunto peninggalan Sultan Amai di Kelurahan Biawu Kecamatan Kota Selatan Kabupaten Gorontalo. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer terdiri dari metode penentuan arah kiblat yang digunakan, hasil perhitungan dan hasil pengukuran arah kiblat Masjid Hunto. Sedangkan data sekunder didapat dari berbagai sumber terkait. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Sumber sekunder diperoleh dari buku-buku, artikel, dan arsip yang berkaitan dengan objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan ada tiga yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif dan uji akurasi. Hasil penelitian dalam skripsi ini : pertama, metode penentuan arah kiblat Masjid Hunto menggunakan bayang-bayang Matahari yang pada saat itu berada tepat di garis equator Bumi. Menurut analisis penulis, penentuan mihrab Masjid Hunto dilakukan oleh para raja-raja kecil utusan Raja Palaza yang membantu Raja Amai dalam penyebaran Islam di Gorontalo dengan menggunakan ras} al qiblah qiblah tahunan. Kedua Tingkat akurasi arah kiblat Masjid Hunto peninggalan Sultan Amai bisa dikatakan akurat. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan dan pengukuran menggunakan alat teodolit dan juga berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh Kementrian Agama Kota Gorontalo dengan selisih yang tidak jauh berbeda. Saran dari penulis yaitu perlu adanya dokumentasi dan referensi literasi tentang perkembangan masjid-masjid kuno di Indonesia. Perlu adanya catatan – catatan di kantor masjid terkait penelitian arah kiblat dan penelitian – penelitian lain yang sudah pernah dilakukan di Masjid Hunto peninggalan Sultan Amai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kaluku, Siti Lutviasitilutviakaluku@gmail.comC76218020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSolikin, Agusagussolikin2@gmail.com0716088604
Subjects: Hisab dan Rukyah
Keywords: Arah kiblat; Masjid Kuno
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Siti Lutvia Kaluku
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:45
Last Modified: 25 Jul 2024 02:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72182

Actions (login required)

View Item View Item