Memahami perilaku kecurangan akademik mahasiswa akuntansi dalam perspektif crowe's fraud pentagon theory

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardiana, Yunita (2024) Memahami perilaku kecurangan akademik mahasiswa akuntansi dalam perspektif crowe's fraud pentagon theory. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yunita Mardiana_08020220094 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Yunita Mardiana_08020220094 Full.pdf
Restricted to Registered users only until 25 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Perilaku kecurangan akademik merupakan fenomena masih banyak terjadi di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perilaku kecurangan akademik mahasiswa akuntansi dalam perspektif crowe’s fraud pentagon theory. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dari observasi dan wawancara bersama 5 informan penelitian. Analisis data dilakukan dengan 3 langkah, yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data dilakukan dengan 3 cara, yakni ketekunan pengamatan, pengecekan anggota, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku kecurangan akademik mahasiswa disebabkan oleh 5 aspek, yakni, tekanan berupa tuntutan dari orangtua dan persaingan nilai di dalam kelas. Kesempatan dari lemahnya sistem pengawasan dan minimnya pemerikasaan. Rasionalisasi dengan menormalisasikan kecurangan akademik sebagai budaya. Kemampuan memilih strategi kecurangan akademik dan mengeksekusi peluang yang ada. Arogansi seperti merasa superior dan merasa lebih unggul dari yang lain. Penelitian ini menyarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menggunakan teori yang baru dan relevan, memperluas ruang lingkup penelitian,serta melibatkan dosen guna memberikan sudut pandang tambahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardiana, Yunitayntamrdna02@gmail.com08020220094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Binti Shofiatulbinti.shofiatul@uinsa.ac.id--
Subjects: Akuntansi
Keywords: Perilaku kecurangan akademik; crowe’s fraud pentagon theory; mahasiswa akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Yunita Mardiana
Date Deposited: 25 Jul 2024 03:01
Last Modified: 25 Jul 2024 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72189

Actions (login required)

View Item View Item