Analisis pengendalian kualitas produksi gula menggunakan diagram kendali mewmv dan mewma dengan pendekatan residual time series

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aida, Siti Nur (2024) Analisis pengendalian kualitas produksi gula menggunakan diagram kendali mewmv dan mewma dengan pendekatan residual time series. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Aida_09020220040 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Siti Nur Aida_09020220040.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengendalian kualitas merupakan aspek krusial dalam pembuatan suatu produk, salah satunya yaitu gula. Pengendalian kualitas terhadap produksi gula pada penelitian ini melibatkan faktor-faktor seperti kadar air, warna larutan gula, dan besar jenis butir. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi kualitas produksi gula secara statistik dan mengidentifikasi analisis kapabilitas proses. Metode yang digunakan melibatkan diagram kendali MEWMV (Multivariate Exponentially Weighted Moving Variance) dan MEWMA (Multivariate Exponentially Weighted Moving Average). Ditemukan adanya autokorelasi antar pengamatan dalam proses produksi gula, sehingga pengendalian kualitas diterapkan menggunakan pendekatan time series. Hasil terbaik dari analisis model residual menunjukkan model VARI(12,1). Pada diagram kendali MEWMV, pembobot optimum yang terpilih ialah ω = 0.4, λ = 0.3, menandakan bahwa proses telah terkendali setelah dilakukan 2 kali perbaikan. Sedangkan, pada diagram kendali MEWMA, pembobot optimum yang terpilih ialah λ = 0.1 menandakan bahwa proses telah terkendali setelah dilakukan 1 kali perbaikan. Faktor umum yang mempengaruhi proses produksi gula seperti faktor manusia, mesin, maupun metode. Analisis kapabilitas proses mendapatkan hasil MCn dan MCnk kurang dari 1, menandakan bahwa proses belum memenuhi kapabilitas yang diinginkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aida, Siti Nursitinuraidakuliah92@gmail.com09020220040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanani, Arisarisfa@uinsby.ac.id2027018701
Thesis advisorKhaulasari, Hanihani.khaulasari@uinsby.ac.id0709029102
Subjects: Matematika
Keywords: Produksi gula; diagram kendali; mewmv dan mewma; residual time series
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Siti Nur Aida
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:41
Last Modified: 25 Jul 2024 06:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72196

Actions (login required)

View Item View Item