Optimalisasi metode K-Means clustering dengan Principal Component Analysis (PCA) pada performa pemain sepak bola di Liga Primer Inggris

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifuddin, Ahmad Affan (2024) Optimalisasi metode K-Means clustering dengan Principal Component Analysis (PCA) pada performa pemain sepak bola di Liga Primer Inggris. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Affan Afifuddin_H92218039 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Ahmad Affan Afifuddin_H92218039.pdf

Download (1MB)

Abstract

Klub sepak bola pasti memiliki keinginan yang luar biasa untuk memenangkan pertandingan dan juga trofi. Akibatnya, mereka akan mencari pemain yang terampil dan dapat mencetak gol, melakukan operan yang akurat, mengurani kesalahan, dan memahami konsep taktis. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan pemain berdasarkan performa di liga inggris menggunakan optimasi dari algoritma K-Means dengan metode Principal Component Analysis (PCA). Metode K-Means memiliki beberapa keunggulan, antara lain di tingkat keakuratan dalam clustering cukup baik, mampu mengelompokkan data dengan kuantitas besar dalam waktu singkat, dan relatif mudah karena jumlah cluster dan pusat cluster dapat diinisialisasi secara acak. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik performa pemain sepak bola di Liga Primer Inggris untuk musim 2023-2024. Berdasarkan perhitungan, cluster yang ideal adalah k = 2, dengan 143 anggota dalam kategori cluster sangat baik dan 377 anggota dalam cluster baik. Cluster k = 2 memiliki Silhouet Coefisien (SC) sebesar 0,632. Hal ini menandakan bahwa temuan cluster memiliki struktur baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifuddin, Ahmad Affanahmadaffanmusic@gmail.comH92218039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlinnuha, Nurissaidahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.id2002119001
Thesis advisorFanani, Arisarisfa@uinsby.ac.id2027018701
Subjects: Internet
Matematika
Sepak Bola
Keywords: Metode K-Means; Principal Component Analysis (PCA); pemain sepak bola
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Ahmad Affan Afifuddin
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:19
Last Modified: 25 Jul 2024 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72204

Actions (login required)

View Item View Item