Perkembangan arsitektur Masjid Abdurrahman Klotok Desa Banjarjo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurseptiani, Ike Ayu (2024) Perkembangan arsitektur Masjid Abdurrahman Klotok Desa Banjarjo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabays.

[img] Text
Ike Ayu Nurseptiani_A92217072 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2027.

Download (5MB)
[img] Text
Ike Ayu Nurseptiani_A92217072.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil dari penelitian yang berjudul “Perkembangan Masjid Abdurrahman Klotok Desa Banjarjo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro”. Dalam penelitian ini terdapat permasalahan yang akan dibahas yaitu: (1) Bagaimana sejarah dan kondisi desa Banjarjo? (2) Bagaimana Sejarah dan perkembangan masjid Abdurrahman Klotok? (3) Bagaimana unsur kebudayaan dalam masjid Abdurrahman Klotok? Pada Penelitian ini digunakan metode penelitian sejarah, dimana terdapat beberapa tahapan untuk meneliti penelitian ini yaitu heuristik (pengumpulan sumber data), verifikasi (kritik sumber), interpretasi (penafsiran penulis), dan historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan historis. Sedangkan teorinya menggunakan teori continuity and change. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, (1) sejarah desa Banjarejo dan kondisi desa Banjarejo, dapat dilihat dari segi ekonomi, pendidikan, keagamaan serta budaya setempatnya. (2) Sejarah masjid Abdurrahman yang merupakan masjid bekas desa sebelah yakni Kuncen di pindahkan oleh kiai Abdurrahman ke Klotok karena di desa sebelah tidak terawat melalui bengawan Solo. Masjid ini dibangun sekitar tahun 1825 M. Pada perkembangan masjid ini dirawat dan di pugar beberapa orang yaitu kiai Abdurrahman (±1825), kiai Abdullah bin Abdul Qadir (±1895), dan kiai Basir (±1915). (3) Unsur budaya yang terdapat diarsitektur masjid Abdurrahman Klotok yaitu kebudayaan Islam dan kebudayaan Jawa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurseptiani, Ike Ayuikeayunurseptiani@gmail.comA92217072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Thesis advisorWasid, Wasidwasid_2007@yahoo.co.id2118027401
Subjects: Arsitektur
Masjid
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Sejarah masjid; perkembangan arsitektur; unsur budaya
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Ike Ayu Nurseptiani
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:33
Last Modified: 25 Jul 2024 07:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72209

Actions (login required)

View Item View Item