Ma'rifat menurut Sultan Agung: kajian pemikiran Islam dalam Serat Sastra Gendhing

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzatusshobikhah, Nuril (2022) Ma'rifat menurut Sultan Agung: kajian pemikiran Islam dalam Serat Sastra Gendhing. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuril Izzatussshobikhah_F02918332 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Nuril Izzatussshobikhah_F02918332.pdf

Download (845kB)

Abstract

Tesis ini merupakan penelitian mengenai ma’rifat menurut Sultan Agung sebagai kajian tasawuf dalam serat Sastra Gending. Besarnya pengaruh Sultan Agung dalam pemikiran Islam terutama dibidang tasawuf menghasilkan sebuah karya yang mengandung ajaran dan tuntunan untuk mencapai ma’rifat. Penelitian ini akan menjawab tiga rumusan masalah antara lain: 1) bagaimana gaya sastra dalam serat sastra gending ? 2) bagaimana ma’rifat menurut Sultan Agung 3) bagaimana analisa ma’rifat Sultan Agung dalam Serat Sastra Gending? Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang menggunakan metode kualitatif. Obyek penilian ini adalah serat sastra Gending. Sumber data yang digunakan adalah sumber yang berkaitan dengan serat sastra Gending. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi berupa pencarian informasi yang terdapat dalam suatu karya tulis. Teknik analisi yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Penelian ini menggunakan pendekatan ilmu balaghoh dengan menggunakan teori Al Ghazali dan Ibnu Khaldun. Hasil dari penelitian ini adalah sastra gending memiliki kesamaan gaya dengan gaya sastra Arab yakni gaya sastra dalam ilmu bayan dan ilmu badi. Ma’rifat yang terdapat dalam serat sastra gending merupakan puncak maqam tertinggi yang diraih sesorang dalam mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Dalam serat sastra Gending terdapat beberapa pengamalan nilai-nilai untuk mencapai ma’rifat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzatusshobikhah, Nurilnurilizzatusshobikhah@gmail.comF02918332
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuis, Suissuisabdullah@yahoo.com2001016202
Thesis advisorJunaidy, Abdul Basithbasithjunaidy71@gmail.com2021107101
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Filsafat > Filsafat Islam
Ideologi Islam
Keywords: Ma’rifat; sultan Agung; serat Sastra Gending
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Izzatusshobikhah Nuril
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:27
Last Modified: 26 Jul 2024 02:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72216

Actions (login required)

View Item View Item