Analisis akad salam terhadap praktek jual beli drum besi bekas di Desa Tanjungan Kemlagi Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadhilah, Julaikha Nur (2024) Analisis akad salam terhadap praktek jual beli drum besi bekas di Desa Tanjungan Kemlagi Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Julaikha Nur Fadhilah_05020220048 OK.pdf

Download (789kB)
[img] Text
Julaikha Nur Fadhilah_05020220048 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Mengkaji dan meneliti permasalahan dalam skripsi ini terjadi ketidaksesuaian jumlah barang yang dikirim dari jumlah yang sudah dipesan oleh pembeli. Penelitian ini menggunakan metode field research dengan analisis praktik ekonomi perilaku. Tujuannya untuk menggambarkan dengan jelas dan sistematis tentang praktik yang terjadi di lapangan sesuai fakta dan menganalisis relevansi antara pihak penjual dengan pembeli. Teknik pengumpulan data primer dengan cara wawancara dan observasi pada objek penelitian. Hasil penelitian setelah mengamati dan menganalisa maka penulis dapat menemukan jawaban dari permasalahan yang ada. Praktik jual beli yang digunakan pada objek penelitian, yaitu pihak pembeli melakukan pemesanan barang dengan pembayaran dilakukan setelah adanya perjanjian. Sistem transaksi yang digunakan dengan sistem pembayaran secara penuh setelah akad. Penyelesaian yang diterapkan pada permasalahan yang terjadi yaitu dengan melakukan musyawarah diantara penjual dan pembeli agar kedua pihak tidak merasa saling dirugikan dan tidak timbulnya kecurangan. Penyelesaian masalah atas terjadinya ketidaksesuaian jumlah barang yang dikirim oleh penjual akan melakukan pengiriman sisa barang sesuai perpanjangan waktu yang diberikan oleh pembeli agar timbul rasa senang pada pembeli. Penulis akan memberikan saran kepada pihak terkait atas permasalahan yang terjadi pada objek penelitian ini. Saran kepada penjual agar lebih teliti dan selalu melakukan pengecekan ulang sebelum pengiriman. Hal itu akan mengurangi resiko terjadinya masalah dalam pengiriman selanjutnya dan tidak ada pihak yang merasa kecewa dengan terjadinya masalah tersebut. Pembeli yang mengetahui waktu pengiriman sebaiknya, melakukan konfirmasi ulang agar pihak penjual dapat melakukan pengecekan ulang terhadap barang yang akan dikirimkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadhilah, Julaikha Nur05020220048@student.uinsby.ac.id05020220048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChaidaroh, Umichaidarohumi@yahoo.co.id2010097401
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: Jual beli; Drum; Akad Salam; jual beli drum bekas
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Julaikha Nur Fadhilah
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:13
Last Modified: 26 Jul 2024 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72266

Actions (login required)

View Item View Item