Upaya guru pendidikan agama islam dan budi pekerti dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik SDI Al-Muttaqin Driyorejo Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'arif, Kusnul (2024) Upaya guru pendidikan agama islam dan budi pekerti dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik SDI Al-Muttaqin Driyorejo Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kusnul Ma'arif_D91218138 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kusnul Ma'arif_D91218138 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 July 2027.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peristiwa yang menandakan bahwa kecerdasan emosional masyarakat Indonesia sangatlah kurang tidak terkecuali para peserta didik yang masih duduk dibangku sekolah dasar, hal ini bisa dibuktikan dengan maraknya kasus bullying di beberapa lembaga pendidikan, para peserta didik tidak bisa mengontrol emosi mereka sehingga terjadinya tawuran antar pelajar, serta peserta didik yang merasa kecewa karena kegagalan sehingga timbul rasa putus asa dan akhirnya mempengaruhi perilaku peserta didik yang salah. Hal ini menjadikan kecerdasan emosional masyarakat khususnya anak generasi muda sebagai permasalahan yang harus segera ditangani dan ditingkatkan.Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah pertama, bagaimana kecerdasan emosional peserta didik kelas IV SDI Al-Muttaqin Driyorejo?, kedua, bagaimanakah upaya guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik SDI Al-Muttaqin Driyorejo Gresik?, ketiga, apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatan kecerdasan emosional peserta didik SDI AL-Muttaqin Driyorejo Gresik?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana data akan dipaparkan secara deskriptif sesuai dengan keadaan objektif di SDI AL-Muttaqin Driyorejo Gresik. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emsoional peserta didik kelas IV SDI AL-Muttaqin tergolong masih rendah, seperti berbicara dengan bahasa yang kurang sopan terhadap guru, sering bertengkar karena masalah sepele, dan juga membuang sampah sembarangan ketika tidak diketahui guru. akan tetapi berka upaya yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti seperti memberikan teladan, memberikan nasihat, membuat kelompok belajar, dan juga memberikan hukuman yang mendidik sehingga terdapat peningkatan kecerdasan emosional para peserta didik menjadi lebih baik meskipun sedikit demi sedikit. Upaya ini juga didukung dengan beberapa faktor diantaranya lingkungan sekolah yang islami, kerja sama antar guryu dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik, teman sekolah yang selalu memberikan contoh kepada peserta didik yang lainnya, dan juga faktor orang tua yang selalu mengawasi di lingkungan rumah. Akan tetapi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti juga terkendala dengan faktor penghambat yang ada diantaranya, usia mereka yang masih labil sehingga mereka menganggap nasihat dan arahan guru sebagai gurauan belaka dan juga faktor lingkungan luar sekolah yang kurang kondusif sehingga mereka bisa melakukan tindakan semau mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'arif, Kusnulkusnulnunul220200@gmail.comD91218138
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorsyaifuddin, syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Subjects: Kecerdasan
Pendidikan Islam
Keywords: Upaya Guru; Kecerdasan Emosional Peserta didik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kusnul Ma'arif
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:17
Last Modified: 26 Jul 2024 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72269

Actions (login required)

View Item View Item