Dakwah bil hal pencak silat Nahdlatul Ulama’ Pagar Nusa dalam proses trasnformasi melalui pemanfaatan lahan kosong di Desa Lembor Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lafif, Moh Azmi (2024) Dakwah bil hal pencak silat Nahdlatul Ulama’ Pagar Nusa dalam proses trasnformasi melalui pemanfaatan lahan kosong di Desa Lembor Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh Azmi Lafif_04010220010 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Moh Azmi Lafif_04010220010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai proses transformasi dakwah yang dilakukan oleh Pagar Nusa Lembor melalui pemanfaatan lahan kosong sebagai media penanaman pohon pisang. Penelitian ini memfokuskan pada proses transformasi dakwah bil hal dan implementasi dakwah bil hal transformatif Pencak Silat Nahdlatul Ulama’ Pagar Nusa melalui pemanfaatan lahan kosong di Desa Lembor Kecamatan Brondong kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan ABCD (Asset Based Community Development), dimana pendekatan yang menekankan pada pemanfaatan dan pengelolaan aset yang dimiliki secara partisipatif untuk menuju suatu perubahan transformative yang memuat mulai dari Discovery, Dream, Design, Define, Destiny Hasil dari proses transformasi dakwah Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Lembor dalam memanfaatkan lahan kosong adalah masyarakat utamanya anggota Pagar Nusa mampu merubah proses dakwah yang hanya terfokus pada konteks beladiri menjadi organisasi yang berdakwah dalam konteks sosial lingkungan, mampu memulai adanya kemandirian ekonomi organisasi, adanya perubahan dari segi pengetahuan tentang cara pemanfaatan lahan kosong. Serta adanya dakwah dari PSNU Pagar Nusa dalam penyampaian pentingnya menjaga lingkungan dalam agama islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lafif, Moh Azmiazmimuhammad382@gmail.com04010220010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHalim, Abdulhalim2014999@gmail.com2025076301
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Nahdlatul Ulama
Keywords: Dakwah bil hal; pencak silat; NU; Pagar Nusa; pemanfaatan lahan kosong
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Moh Azmi Lafif
Date Deposited: 29 Jul 2024 07:24
Last Modified: 29 Jul 2024 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72305

Actions (login required)

View Item View Item