Kontribusi Indonesia sebagai regional power di Asia Tenggara dalam mengembangkan keanggotaan ASEAN: studi kasus Timor Leste

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Luthfiyyah, Salsa Faiz (2024) Kontribusi Indonesia sebagai regional power di Asia Tenggara dalam mengembangkan keanggotaan ASEAN: studi kasus Timor Leste. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salsa Faiz Luthfiyyah_10040220102 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Salsa Faiz Luthfiyyah_10040220102.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Indonesia selaku negaraberregional power di Asia Tenggara memberikan kontribusinya kepada ASEAN. Indonesia sebagai first among equals di ASEAN dan juga sebagai yang lebih tuadalam kawasan menjadikannya sebagai negara yang dipercaya dapat menentukanarah gerak kawasan. Melihat adanya fenomena baru dalam ASEAN berupakeanggotaan baru, Indonesia menanggapi dengan mendukung adanyakeanggotaan baru mengingat ASEAN merupakan organisasi regional yang masih terbuka bagi perubahan dalam kata lain masih menerima keanggotaan baru. Melihat fenomena tersebut, Indonesia memberikan kontribusinya denganmemanfaatkan indikator regional power yang dimilikinya berupa, klaim gagasan, sumber daya, dan kebijakan luar negeri. Pendekatan penelitian yang dilakukandalam penelitian ini adalah kualitatif. Adapun jenis masalah penelitian yangdilakukan penulis dalam penelitian ini adalah deskriptif. Sedangkan untuk teknikpengumpulan data yang yang dilakukan penulis yakni dengan teknik dokumentasi dan kajian pustaka. Dokumentasi tersebut diperoleh dengan berbagai data seperti buku, jurnal, website resmi dan lain-lain yang terkait topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan kontribusi yang dilakukan Indonesia selaku regional power dalam menerima keanggotaan baru yang diajukan oleh Timor Leste, dilakukan dengan memberikan dukungan beserta bantuan yang dilakukanindonesia berdasarkan status regional power Indonesia. Melalui kontribusi Indonesia terhadap keanggotaan Timor Leste di ASEAN memberikan dampakperkembangan keanggotaan ASEAN. Penerimaan Timor Leste di ASEAN jugamembuktikan adanya kontribusi yang dilakukan oleh Indonesia, bukan hanyasemata mekanisme ASEAN.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Luthfiyyah, Salsa Faizsalsafzl84@gmail.com10040220102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayatullah, Nur Luthfiluthfi2006@gmail.com2009049102
Subjects: Hubungan Internasional
Kerjasama Internasional
Keywords: Kontribusi; regional power; keanggotaan baru; ASEAN
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Salsa Faiz Luthfiyyah
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:36
Last Modified: 31 Jul 2024 01:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72313

Actions (login required)

View Item View Item