Pelaksanaan zakat hasil tangkap laut bos nelayan pancing di Desa Brondong Kabupaten Lamongan dalam prespektif Yusuf Qardhawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khuluq, Ahmad Ihsanul (2023) Pelaksanaan zakat hasil tangkap laut bos nelayan pancing di Desa Brondong Kabupaten Lamongan dalam prespektif Yusuf Qardhawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Ihsanul Khuluq_G95219044 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Ahmad Ihsanul Khuluq_G95219044.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Zakat Hasil Tangkap Laut Bos Nelayan Pancing Di Desa Brondong Kabupaten Lamongan Dalam Prespektif Yusuf Qardhawi”. Tujuan dari penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah tentang bagaimana pelaksanaan zakat hasil tangkap laut bos nelayan pancing di desa Brondong kabupaten Lamongan dan bagaimana pelaksanaan zakat hasil tangkap laut bos nelayan pancing di desa Brondong kabupaten Lamongan dalam prespektif Yusuf Qardhawi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di desa Brondong kabupaten Lamongan dengan subjek penelitian bos nelayan pancing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitiannya adalah Bos nelayan pancing di desa Brondong Kabupaten Lamongan sudah mengetahui mengenai kewajiban berzakat, akan tetapi di dalam waktu pelaksanaan zakat hasil tangkap laut terdapat dua perbedaan yaitu dikeluarkanya setiap tahun dan setiap sekali datang melaut. Berdasarkan nisab zakatnya mereka memakai 85 gram emas, yang mayoritas dari mereka menggunakan tarif zakatnya sebesar 2,5% dari hasil bersih melaut. Mayoritas bos nelayan pancing di desa Brondong disalurkan sendiri, dan ada sebagian dari mereka yang dibayarkan melalui baitul mal setempat. Sedangkan jika ditinjau dari fiqih Yusuf Qardhawi pelaksanaan zakat hasil tangkap laut bos nelayan pancing desa Brondong mayoritas masih belum sesuai dengan teori Yusuf Qardhawi. Adapun saran dari penelitian ini adalah peran tokoh masyarakat sekitar diharapkan dapat memberikan pemahaman baru tentang zakat, bahwa zakat terdapat berbagai macam jenisnya dan berbagai pula macam ukuran dalam mengeluarkan zakatnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khuluq, Ahmad Ihsanulahmadihsanulkhuluq@gmail.comG95219044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitimusfiqohzuhroh@yahoo.co.id2013087601
Thesis advisorSyihabuddin, Atoksyihabuddin2008@gmail.com2002018502
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Ekonomi Islam
Amil Zakat
Keywords: Zakat; hasil tangkap laut; nelayan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ahmad Ihsanul Khuluq
Date Deposited: 30 Jul 2024 05:54
Last Modified: 30 Jul 2024 05:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72322

Actions (login required)

View Item View Item