Analisis proses metakognitif siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alvira, Rahma (2024) Analisis proses metakognitif siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahma Alvira_06020420039.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Rahma Alvira_06020420039_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 July 2027.

Download (5MB)

Abstract

Proses metakognitif melibatkan pengetahuan, kesadaran, dan kontrol terhadap proses kognitif sendiri, termasuk pemahaman dan pengaturan berpikir untuk meningkatkan daya ingat dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses metakognitif siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan gaya belajar VARK (Visual, Auditori, Baca/Tulis, Kinestetik). Penelitian studi kasus dengan motode penelitian kualitatif ini melibatkan delapan siswa kelas X MAN 2 Kota Kediri dengan masing-masing dua siswa dari setiap gaya belajar yang ditentukan melalui tes gaya belajar VARK. Data dikumpulkan melalui tes pemecahan masalah matematika dan wawancara, kemudian dianalisis melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Penelitian ini menganalisis komponen pengetahuan dan pengalaman metakognitif pada siswa dengan berbagai gaya belajar dalam menyelesaikan masalah matematika. (1) Pada pengetahuan metakognitif, siswa gaya belajar visual mampu memahami masalah dan menggunakan strategi untuk mencari solusi. Dalam pengalaman metakognitif, siswa yakin bahwa cara yang dipilih akan berhasil karena telah digunakan sebelumnya. (2) Pada pengetahuan metakognitif, siswa gaya belajar auditori dapat memahami masalah, tetapi tidak selalu menuliskan informasi dan memeriksa pekerjaan mereka secara menyeluruh. Dalam pengalaman metakognitif, siswa yakin bahwa cara yang digunakan akan berhasil karena telah diajarkan sebelumnya. (3) Pada pengetahuan metakognitif, siswa gaya belajar baca/tulis mampu memahami masalah, memeriksa informasi dan strategi, tetapi tidak selalu melakukan evaluasi menyeluruh. Dalam pengalaman metakognitif, siswa yakin dengan cara yang telah digunakan benar dan tepat. (4) Pada pengetahuan metakognitif, siswa gaya belajar kinestetik dapat menuliskan informasi soal dan menggunakan strategi, tetapi tidak selalu mengevaluasi langkah pengerjaan. Dalam pengalaman metakognitif, siswa yakin bahwa cara yang digunakan akan berhasil karena telah diajarkan sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alvira, Rahma06020420039@student.uinsby.ac.id06020420039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsa.ac.id0007128007
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Keywords: Proses metakognitif; masalah matematika; gaya belajar VARK
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rahma Alvira
Date Deposited: 27 Jul 2024 02:43
Last Modified: 27 Jul 2024 02:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72350

Actions (login required)

View Item View Item