Shura dalam Al-Qur'an: studi komparasi tafsir Al Misbah dan Tafsir Al Wa'ie

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fanani, Rahmat Fajar (2024) Shura dalam Al-Qur'an: studi komparasi tafsir Al Misbah dan Tafsir Al Wa'ie. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmat Fajar Fanani_E93217088 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Rahmat Fajar Fanani_E93217088 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2027.

Download (1MB)

Abstract

Musyawarah sangat erat kaitannya dengan umat manusia dalam segala hal, hal ini menjadikan musyawarah sebagai salah satu kunci untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang ada, mulai dari yang kecil seperti dalam urusan rumah tangga dan juga yang besar seperti persoalan negara. Dalam Al-Qur’an musyawarah disebut dengan shura. Ada beberapa ayat yang mengandung makna musyawarah (Shura, tasyawur, syawir). Salah satu tujuan penulis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pandangan ulama tafsir mengenai term shura. Adapun penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan melalui studi kepustakaan (library research) yaitu dengan mengkaji literatur-literatur yang berkaitan dengan penelitian. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode komparatif dengan membandingkan penafsiran dua ulama tafsir mengenai ayat-ayat Al-Qur’an tentang shura. Dalam hal ini memilih Quraish Shihab dengan tafsirnya Al-Mishbah dan Rokhmat S Labib. Hasil dari penelitian ini adalah Quraish Shihab berpendapat bahwa Al-Qur’an tidak menjelaskan bagaimana bentuk syura yang dianjurkannya. Rokhmat Labib berpendapat bahwa makna shura yang dimaksud disini ialah pelaksanaannya diharuskan dipimpin oleh pemimpin dari kaum Muslim yang perannya memang termasuk orang-orang yang ahli dibidangnya seperti ketua, komandan, penanggungjawab dan lain sebagainya. Dhamir hum pada ayat ini merujuk kepada kaum muslim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fanani, Rahmat Fajarfajarfanani51@gmail.comE93217088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCholily, Naufalnaufalcholily@uinsby.ac.id2027048701
Subjects: Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Shura dalam Alqur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rahmat Fajar Fanani
Date Deposited: 01 Aug 2024 05:59
Last Modified: 26 Aug 2024 03:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72381

Actions (login required)

View Item View Item