Peramalan kualitas udara kota Surabaya menggunakan generalized space-time autoregressive integrated moving average (GSTARIMA)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitri, Destilia Anggia (2024) Peramalan kualitas udara kota Surabaya menggunakan generalized space-time autoregressive integrated moving average (GSTARIMA). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Destilia Anggia Fitri_09020220024.pdf

Download (13MB)
[img] Text
Destilia Anggia Fitri_09020220024_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 August 2027.

Download (13MB)

Abstract

Salah satu variabel yang paling signifikan dalam mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat adalah kualitas udara. Salah satu kota terbesar di Indonesia yaitu Kota Surabaya, memiliki kualitas udara yang buruk akibat polusi yang berasal dari pabrik, kendaraan bermotor, dan aktivitas manusia lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model terbaik dan meramalkan kualitas udara berdasarkan konsentrasi parameter PM10 di Kota Surabaya dengan menggunakan model Generalized Space-Time Autoregressive Integrated Moving Average (GSTARIMA). GSTARIMA adalah bentuk umum model STARIMA yang memiliki moving average dan integrated untuk data tidak stasioner. Model GSTARIMA melibatkan data time series yang dipengaruhi oleh waktu dan lokasi. Lokasi penelitian dilakukan di tiga lokasi Stasiun Pemantau Kualitas Udara (SPKUA) di Kota Surabaya yaitu Tandes, Wonorejo, dan Kebonsari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model terbaik yang diperoleh adalah GSTARIMA (2,1,2) dan hasil peramalan menunjukkan bahwa rata-rata konsentrasi parameter PM10 di setiap lokasi masih dalam kategori kualitas baik. Perhitungan akurasi model memberikan nilai MAPE yang berkisar antara 27%-44% dengan kategori cukup baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitri, Destilia Anggiadestiliaanggiafitri@gmail.com09020220024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsyhar, Ahmad Hanifhanif@uinsby.ac.id2023018602
Thesis advisorYuliati, DianDIAN.YULIATI@uinsby.ac.id2014078703
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Matematika
Statistik
Keywords: GSTARIMA; kualitas udara; peramalan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Destilia Anggia Fitri
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:46
Last Modified: 06 Aug 2024 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72399

Actions (login required)

View Item View Item