Peran elite Pondok Pesantren Bahrul Ulum Sahlaniyah dalam proses pemenangan pasangan Ahmad Muhdlor Ali dan Subandi pada Pilkada Sidoarjo tahun 2020 di Desa Watugolong

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adam, Fachrul (2024) Peran elite Pondok Pesantren Bahrul Ulum Sahlaniyah dalam proses pemenangan pasangan Ahmad Muhdlor Ali dan Subandi pada Pilkada Sidoarjo tahun 2020 di Desa Watugolong. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fachrul Adam_10020120041.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Fachrul Adam_10020120041_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 September 2027.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai peran elite Pondok Pesantren Bahrul Ulum Sahlaniyah dalam proses pemenangan salah satu kandidat pada Pilkada Sidoarjo Tahun 2020 di Desa Watugolong. Fokus permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini ialah hubungan Patron-Klien antara Pondok Pesantren Bahrul Ulum Sahlaniyah dengan masyarakat Desa Watugolong dalam proses pemenangan Ahmad Muhdlor Ali dan Subandi pada Pilkada Sidoarjo Tahun 2020 di Desa Watugolong dan peran elite Pondok Pesantren Bahrul Ulum Sahlaniyah dalam proses pemenangan Ahmad Muhdlor Ali dan Subandi pada Pilkada 2020 di Desa Watugolong. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif digunakan, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tinjauan pustaka. Desa Watugolong dipilih sebagai lokasi penelitian karena keberadaan pondok pesantren di sana diyakini memiliki pengaruh signifikan terhadap preferensi politik masyarakat setempat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan Patron-Klien antara elite Pondok Pesantren Bahrul Ulum Sahlaniyah dan komunitas sekitar memainkan peran yang cukup penting dalam proses pemenangan Paslon Ahmad Muhdlor Ali dan Subandi pada Pilkada Sidoarjo Tahun 2020. Elite Pondok mempunyai pengaruh yang cukup besar di kalangan masyarakat, khususnya di lingkungan sekitar Pondok Pesantren yang mempunyai basis santri dan masyarakat religius yang kuat sehingga dapat mobilisasi massa dan konsolidasi dukungan yang berujung pada kemenangan Paslon Ahmad Muhdlor Ali dan Subandi pada Pilkada 2020.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adam, Fachrulfachrul.adam02@gmail.com10020120041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBahar, Moh. Syaefulbosbahar@yahoo.com2015037803
Subjects: Politik
Keywords: Elite Pondok Pesantren; hubungan patron-klien; Pilkada
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Fachrul Adam
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:38
Last Modified: 02 Sep 2024 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72425

Actions (login required)

View Item View Item