Makna arsitektur pada bangunan Musholla al-Ikhlas Wal Barokah Wonokerto Kabupaten Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Gunawan, Mohammad Andharu (2024) Makna arsitektur pada bangunan Musholla al-Ikhlas Wal Barokah Wonokerto Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Andharu Gunawan_A02218027 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Mohammad Andharu Gunawan_A02218027.pdf

Download (847kB)

Abstract

Adapun fokus masalah dalam penelitian ini, (1) Bagaimana sejarah berdirinya Mushalla Al Ikhlas wal Barokah, (2) Bagaimana bentuk arsitektur pada bangunan Mushalla Al-Ikhlas wal Barokah, dan (3) Bagaimana makna arsitektur pada bangunan Mushalla Al Ikhlas wal Barokah. Penelitian ini menerapkan metode sejarah yang menerapkan beberapa empat tahapan seperti heuristik yang melibatkan observasi, wawancara dan studi literatur, kemudian verifikasi, interpretasi dan terakhir historiografi sebagai penuangan hasil akhir dari seluruh gambaran proses yang telah dikaji. Adapun objek dari penelitian yakni berada di Mushalla Al-Ikhlas wal Barakah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi dan interpretasi budaya. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori tafsir kebudayaan menurut Clifford Geertz. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan utama yang dipilih yakni salah satu ketua ta’mir Mushalla tersebut. Dari hasil penelitian yang dilakukan di Mushalla Al-Ikhlas wal Barokah, dapat disimpulkan bahwa, (1) Mushalla Al-Ikhlas wal Barakah didirikan oleh tokoh yang disegani dikenal dengan sumarjono pada tahun 2011 yang saat itu agama Islam menjadi pemeluk mayoritas namun minim kegiatan yang bersifat kerohanian, (2) Mushalla Al-Ikhlas wal Barakah mempunyai bentuk arsitektur tersendiri pada bangunannya seperti bentuk atap model joglo layaknya masjid demak dan tiang ditengah ruangan mushalla (3) Makna yang terkandung dalam arsitektur masjid diantaranya terlihat dari adanya atap dengan tiga tingkatan menandakan Islam , Iman dan Ihsan dan tiang penyangga mushalla sebagai bentuk bahwa keimanan umat muslim harus selayaknya tiang tersebut yang mampu menjunjung tinggi ibadahnya maupun toleransinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Gunawan, Mohammad Andharuandharum@gmail.comA02218027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi, Achmadzuhdidh@gmail.com2011106101
Thesis advisorJuma', Juma'eden.jou@gmail.com2012018804
Subjects: Masjid
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Arsitektur; bangunan Musholla
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Mohammad Andharu Gunawan Mohammad Andharu
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:47
Last Modified: 30 Jul 2024 04:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72427

Actions (login required)

View Item View Item