Kredibilitas khatib dan konstruksi sosial Jemaah Masjid al Muhajirin Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Moh. Lukman (2023) Kredibilitas khatib dan konstruksi sosial Jemaah Masjid al Muhajirin Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Lukman Hakim_02040720019 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Moh. Lukman Hakim_02040720019.pdf

Download (943kB)

Abstract

Khutbah jum’at merupakan salah satu proses dakwah yang sangat efektif karena sifatnya yang rutin dan wajib untuk diikuti, oleh karena itu kualitas pada khatib sangat penting untuk memastikan khutbah yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh jemaah dan jemaah mampu mengaplikasikan khutbah tersebut. Penelitian ini mengkaji kredibilitas khatib dan konstruksi sosial jemaah Masjid Al Muhajirin Gresik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Data diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang dipilih untuk menganalisis penelitian ini adalah teori kredibilitas sumber, teori konstruksi sosial dan teori proses dakwah. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa Masjid Al Muhajirin menentukan tiga kriteria dalam memilih khatib yang kredibel, yaitu akhlak yang baik, penyampaian yang baik dan wawasan keilmuan yang luas. Melalu ketiga kriteria tersebut, masjid Al Muhajirin memastikan kredibilitas khatibnya, sehingga melalui khatib tersebut jemaah masjid Al Muhajirin dapat menerima pesan khutbah dengan baik dan membentuk konstruksi sosial mereka. Diantara konstruksi sosial jemaah Masjid Al Muhajirin terbentuk dalam tiga tahapan antara lain: 1) eksternalisasi, mengenal ajaran islam yang baik, mengetahui sejarah islam dan memahami fadhilah amalan-amalan dalam islam. 2) objektivasi, memperbanyak dzikrullah dan menjaga diri, rutin bersedekah dan berinfaq, membiasakan shalat berjemaah lima waktu dan sunnah rawatib. 3) internalisasi, keyakinan melaksanakan kewajiban sebagai muslim yang baik, keyakinan mendapatkan ganjaran dari Allah dan keyakinan memperoleh ketenangan hidup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Moh. Lukmanloecmanbro@gmail.com02040720019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhriyah, Luluk Fikrielfikrizz@yahoo.com2004126901
Thesis advisorNurdin, Aliali.nurdin@uinsby.ac.id2002067101
Subjects: Dakwah
Masyarakat
Masjid
Keywords: Khatib; konstruksi sosial; Jemaah Masjid
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Moh. Lukman Hakim
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:29
Last Modified: 30 Jul 2024 04:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72432

Actions (login required)

View Item View Item