Sertifikasi halal perspektif pengusaha mikro kecil di Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aslikhah, Aslikhah (2023) Sertifikasi halal perspektif pengusaha mikro kecil di Kabupaten Pasuruan. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aslikhah_01040220004 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aslikhah_01040220004 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (5MB)

Abstract

Diberlakukannya regulasi jaminan produk halal pada usaha mikro kecil mengharuskan pengusaha mikro kecil untuk melakukan percepatan sertifikasi halal. Keadaan tersebut menimbulkan beragam respon di masyarakat khususnya pelaku usaha mikro kecil sebagai salah satu penerima sasaran regulasi Undang- Undang Jaminan Produk Halal. Keadaan ini menjadi perhatian serius penulis, untuk mengetahui lebih dalam tentang sertifikasi halal dalam pandangan pengusaha mikro kecil di Kabupaten Pasuruan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perspektif pengusaha mikro kecil tentang sertifikasi halal di Kabupaten Pasuruan? 2) Bagaimana implikasi sertifikasi halal bagi bisnis usaha mikro kecil di Kabupaten Pasuruan? Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk memahami perspektif pengusaha mikro kecil tentang sertifikasi halal di Kabupaten Pasuruan 2) untuk menemukan implikasi sertifikasi halal bagi bisnis usaha mikro kecil di Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang digunakan untuk melihat dan menjawab masalah berdasarkan keadaan-keadaan konkrit yang dialami subyek penelitian yaitu pengusaha mikro kecil di Kabupaten Pasuruan. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi kepada pengusaha mikro kecil di Kabupaten Pasuruan. Hasil penelitian menunjukkan 1) sertifikasi halal perspektif pengusaha mikro kecil terbagi menjadi tiga tipologi yaitu pertama, tipologi pengusaha mikro kecil yang pro dengan sertifikasi halal. Kedua, tipologi pengusaha mikro kecil yang kontra dengan sertifikasi halal. Ketiga, tipologi pengusaha mikro kecil yang netral dengan sertifikasi halal. 2) Implikasi sertifikasi halal bagi pengusaha mikro kecil, pertama, implikasi bagi pengusaha mikro kecil yang pro dengan sertifikasi halal. Kedua, implikasi bagi pengusaha mikro kecil yang kontra dengan sertifikasi halal. Ketiga, implikasi bagi pengusaha mikro kecil yang netral dengan sertifikasi halal. Implikasi teoretik dalam penelitian ini mengembangkan teori persepsi yang dipengaruhi oleh latar belakang budaya, pengalaman masa lalu, nilai- nilai yang dianut dan berita- berita yang berkembang sehingga menimbulkan beberapa tipologi pengusaha mikro kecil yang memiliki persepsi berbeda- beda tentang sertifikasi halal di Kabupaten Pasuruan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aslikhah, Aslikhahaslikhah@yudharta.ac.id01040220004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjamaluddin, Burhanburhandjamaluddin@uinsby.ac.id2021125501
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Sertifikasi Halal; Perspektif; Pengusaha Mikro Kecil
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aslikhah Aslikhah
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:29
Last Modified: 30 Jul 2024 01:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72440

Actions (login required)

View Item View Item