Strategi pemasaran kedai kopi ame di kabupaten sidoarjo perspektif etika bisnis Yusuf al Qardhawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pamuji, Cinthya Meilina (2023) Strategi pemasaran kedai kopi ame di kabupaten sidoarjo perspektif etika bisnis Yusuf al Qardhawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cinthya Meilina Pamuji_G94219139.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Cinthya Meilina Pamuji_G94219139_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Strategi Pemasaran Kedai Kopi Ame di Kabupaten Sidoarjo Perspektif Etika Bisnis Yusuf Al Qardhawi” disusun karena melihat perkembangan pesat didunia bisnis, mengharuskan pelaku bisnis melihat peluang dan merancang strategi pemasaran yang tepat, agar mampu bersaing dan tercapai tujuannya. Pertumbuhan kedai kopi yang menjamur berdampak pada persaingan ketat. Apabila perencanaan strategis tidak matang dan salah menentukan target pasar akan berpengaruh terhadap pemasaran. Dengan begitu, penerapan strategi pemasaran yang kurang baik beresiko terjadi penyimpangan etika di dunia bisnis, sehingga tidak tercipta keloyalitasan pelanggan terhadap kedai tersebut. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini peneliti akan mengkaji mengenai strategi pemasaran yang diterapkan oleh Kedai Kopi Ame dan strategi pemasaran yang ditinjau perspektif Etika Bisnis Yusuf Al Qardhawi. Penelitian ini berfokus pada penelitian lapangan yang ditunjang dengan penelitian kepustakaan untuk memperoleh data dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dengan enam informan yaitu manager Kedai Kopi Ame beserta lima pelanggan kedai, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya Kedai Kopi Ame telah menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan menekankan bauran pemasaran elemen empat “P”. Produk berkualitas, harga terjangkau, kemudahan mendapatkan produk, promosi menarik dan jujur, pelayanan baik serta lokasi strategis, unik dan nyaman menjadi faktor pendukung dari keberhasilan Kedai Kopi Ame dalam mengembangkan usahanya. Selain itu, strategi pemasaran yang dilakukan sudah sesuai dengan etika bisnis Yusuf Al Qardhawi yakni berproduksi dalam lingkaran yang halal dengan memproduksi produk halal; tidak berlebihan dan menghindari mubadzir dengan melakukan stock opname; perlindungan kekayaan alam dengan melakukan kegiatan bisnis yang memperhatikan lingkungan sekitar; penetapan harga dan keuntungan yang adil sesuai daya beli masyarakat dan keuntungan yang diperoleh dianggap cukup dan tidak berlebihan; menafkahkan harta dalam kebaikan dengan bersedekah kepada sesama; kebebasan dan keadilan dengan menyediakan tempat fasilitas dan pelayanan terbaik tanpa mengurangi timbangan guna mempertahankan kualitas produk; benar, amanah dan jujur dalam penyampaian kelebihan dan kekurangan produknya sehingga dapat menciptakan keloyalitasan pelanggan dan meningkatkan volume penjualan serta mengembangkan bisnis kedai kopi. Beberapa saran yang dapat diberikan oleh peneliti diantaranya, Kedai Kopi Ame terus meningkatkan kegiatan promosi yang menarik melalui kegiatan promosi yang gencar, diharapkan dapat lebih memaksimalkan pemasarannya berdasarkan etika bisnis Yusuf Al Qardhawi dan sesuai ajaran Islam, serta melegalkan kehalalan produknya, supaya pelanggan semakin yakin terhadap produk yang dikonsumsi mutlak halal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pamuji, Cinthya Meilinacinmeilina@gmail.comG94219139
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigati@uinsby.ac.id2021027302
Subjects: Ekonomi Islam
Jual Beli
Pemasaran
Keywords: Strategi pemasaran; bauran pemasaran; etika bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Cinthya Meilina Pamuji
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:06
Last Modified: 30 Jul 2024 02:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72452

Actions (login required)

View Item View Item