This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahman, Moh. Rifqi (2024) Model implementasi kebijakan integrasi diniyah takmiliyah dengan lembaga pendidikan formal: perspektif Kebijakan Pemerintah Daerah di Kabupaten Sumenep dan Kabupaten Pasuruan. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Moh. Rifqi Rahman_01040420007 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Moh. Rifqi Rahman_01040420007 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 8 August 2027. Download (4MB) |
Abstract
Minimnya komunikasi, tumpang tindih jadwal pelaksanaan dengan pendidikan formal, dan rendahnya partisipasi orang tua merupakan beberapa permasalahan dalam implementasi kebijakan integrasi diniyah takmiliyah dengan lembaga pendidikan formal di Jawa Timur, terutama di Kabupaten Sumenep dan Kabupaten Pasuruan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisi dan mengkonstruk model persiapan kebijakan integrasi diniyah takmiliyah dengan lembaga pendidikan formal SD di Kabupaten Sumenep dan Kabupaten Pasuruan; dan menganalisis pelaksanaan kebijakan integrasi diniyah takmiliyah dengan lembaga pendidikan formal SD di Kabupaten Sumenep dan Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk memotret model persiapan dan pelaksanaan kebijakan integrasi diniyah takmiliyah dengan lembaga pendidikan formal SD di Kabupaten Sumenep dan Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data menggunakan telaah dokumen, observasi, dan wawancara. Sedangkan analisis data terdiri dari beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, persiapan kebijakan integrasi diniyah takmiliyah dengan lembaga pendidikan formal SD di Kabupaten Sumenep dan Kabupaten Pasuruan mengikuti pola dua strategi, yaitu strategi komunikasi dan strategi membangun komitmen. Strategi komunikasi terdiri dari dua komponen yaitu keterlibatan masyarakat dan membangun koalisi. Sedangkan strategi membangun komitmen terdiri dari dua komponen juga yaitu manajemen konflik dan kompensasireward. Kedua, pelaksanaan kebijakan integrasi diniyah takmiliyah dengan lembaga pendidikan formal SD di Kabupaten Sumenep dan Kabupaten Pasuruan memiliki pola yang berbeda. Kebijakan integrasi di Kabupaten Sumenep lebih mengarah pada integrasi kelembagaan secara utuh ditambah dengan integrasi sumber daya. Sedangkan kebijakan integrasi di Kabupaten Pasuruan lebih mengarah pada integrasi sistem dengan melibatkan pihak ketiga yaitu LP Ma’arif yang memberikan dukungan dari sisi manajemen dan pengembangan kurikulum. Secara keseluruhan, penelitian ini menawarkan The Four-C Model untuk memastikan persiapan dan pengembangan pendidikan diniyah takmiliyah melalui kebijakan berjalan dengan baik sampai pada kepastian ciri khas kurikulum ke-diniyah-annya tidak luntur.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (PhD) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen |
||||||||||||
Keywords: | Integrasi; diniyah takmiliyah; pendidikan formal; kebijakan. | ||||||||||||
Divisions: | Program Doktor > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Rahman Moh. Rifqi | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2024 02:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2024 02:44 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72456 |
Actions (login required)
View Item |