Eksistensi home industri bata dan genteng terhadap perubahan sosial masyarakat Dusun Mlaten, Desa Mojotamping, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulkarnain, Muhammad Safak (2024) Eksistensi home industri bata dan genteng terhadap perubahan sosial masyarakat Dusun Mlaten, Desa Mojotamping, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Safak Zulkarnain_10010320016 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Safak Zulkarnain_10010320016.pdf

Download (848kB)

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti mengkaji tentang bagaimana eksistensi home industri bata dan genteng di Dusun Mlaten dan bagaimana bentuk perubahan sosial yang dialami oleh masyarakat Dusun Mlaten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana eksistensi home industri bata dan genteng di Dusun Mlaten, dan mengetahui bagaimana bentuk perubahan sosial yang dialami oleh masyarakat Dusun Mlaten. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis data deskriptif dan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang berkaitan pada penelitian Eksistensi Home Industri Bata dan Genteng Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Dusun Mlaten ini menggunakan Teori Evolusi Sosial milik Herbert Spencer. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor eksistensi home industri meliputi : (1) warisan budaya, (2) jenjang pendidikan relative rendah, (3) akses bahan produksi mudah di dapat. Adapun faktor perubahan sosial yang terdapat dalam penelitian ini meliputi : (1) penemuan baru, (2) struktur sosial, (3) inovasi, melalui faktor perubahan sosial tersebut pada akhirnya masyarakat Dusun Mlaten mengalami sebuah perubahan yang meliputi aspek-aspek masyarakat industri, kesadaran pentingnya pendidikan dan inovasi teknologi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulkarnain, Muhammad Safakzulkarnainsafak@gmail.com10010320016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTohari, Aminamintohariuinoke@gmail.com2008077001
Subjects: Masyarakat
Sosiologi
Keywords: Home industri bata;genteng; perubahan sosial masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Muhammad Safak Zulkarnain
Date Deposited: 30 Jul 2024 08:25
Last Modified: 30 Jul 2024 08:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72509

Actions (login required)

View Item View Item