Dampak pertentangan faham ulama' Mu'tazilah dan ulama' Ahli Sunnah Wal Jama'ah terhadap periwayatan hadis abad III hijriyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafik R, Moh (2023) Dampak pertentangan faham ulama' Mu'tazilah dan ulama' Ahli Sunnah Wal Jama'ah terhadap periwayatan hadis abad III hijriyah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh Syafik R_02040621004.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Moh Syafik R_02040621004_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 September 2027.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pertentangan faham antara ulama’ Mu’tazilah dengan ulama’ Ahli Sunnah yang berdampak pada periwayatan hadis di abad III Hijriyah. Munculnya golongan Mu’tazilah secara terang-terangan memusuhi ulama’ hadis dan menyebarkan faham untuk menyerang hadis dan ulama’ hadis. Ahli Sunnah yang terdiri dari ulama’ hadis yang berpaham Asy’ariyah melakukan bantahan-bantahan terhadap pandangan Mu’tazilah yang dianggap menyimpang. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan historis W. Bauwer dalam melakukan penelitian sejarah yang terjadi di masa lampau. Terdapat beberapa aspek penting yang akan dikaji. Pertama, bagaimana konflik antara ulama’ Mu’tazilah dengan ulama’ Ahli Sunnah wal Jama’ah. Kedua, faktor apa saja yang melatar belakangi konflik antar keduanya. Ketiga, bagaimana dampak konflik yang terjadi di abad III H, terhadap periwayatan hadis. Hasil yang didapat dalam penelitian ini diantaranya adalah pertama, konflik faham benar adanya terjadi di abad ke III H, antara ulama’ Ahli Sunnah dengan golongan Mu’tazilah. Kedua, pada dasarnya latar belakang konflik antara Mu’tazilah dengan ulama’ hadis adalah perihal Ushul al-Di>n, namun kemudian berkembang lebih besar ketika Mu’tazilah mendapat dukungan dari khalifah al-Ma’mun. Ketiga, dampak konflik yang terjadi adalah terjadi fitnah terhadap pemahaman hadis dari kalangan kaum Mu’tazilah, seperti mengingkari sahabat, hadis ahad, dan mutawatir, terjadi tumpang tindih dalam memahami hadis-hadis Nabi, dan terjadi pemalsuan hadis. Namun juga terdapat dampak positifnya, yakni ulama’ hadis lebih berhati-hati dalam melakukan periwayatan hadis dengan melakukan rihlah hadis, klasifikasi hadis, dan membuat kaidah-kaidah dalam menentukan kredibilitas hadis. Implikasi dari penelitian ini diharapkan menambah wawasan mengenai faham Mu’taizlah terhadap hadis dan faham Asli Sunnah wal Jama’ah terhadap hadis. Sehingga pertentangan antara keduanya dapat dipahami dampak baik dan dampak buruknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafik R, Mohmohsyafikr99@gmail.com02040621004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIdri, Idriidri_idr@yahoo.co.id2002016701
Thesis advisorUbed, Abdullah--196605071997031003
Subjects: Agama
Hadis
Keywords: Mu’tazilah; Ahli Sunnah wal Jama’ah; periwayatan hadis abad III H
Divisions: Program Magister > Ilmu Hadis
Depositing User: Moh. R
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:23
Last Modified: 03 Sep 2024 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72513

Actions (login required)

View Item View Item