Metode penafsiran Abdul Qadir Hassan tentang ayat-ayat hukum ibadah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmah, Idris Nur (2024) Metode penafsiran Abdul Qadir Hassan tentang ayat-ayat hukum ibadah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Idris Nur Hikmah_07020320043.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Idris Nur Hikmah_07020320043_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penafsiran al-Qur'an telah menjadi bidang yang sangat penting dalam studi Islam, karena ia menyediakan landasan untuk memahami hukum, etika, dan spiritualitas yang terkandung dalam kitab suci ini. Perbedaan dalam penafsiran juga sangat ditentukan dengan berbagai hal seperti karakter kepribadian diri mufasir, ketajaman intelektual mufasir dan lingkungan mufasir tersebut. Penelitian ini fokus membahas mengenai metodologi penafsiran yang digunakan oleh Abdul Qadir Hassan dalam menafsirkan ayat-ayat hukum. Hal ini dilakukan karena penafsiran Abdul Qadir Hassan pada rubrik “Tafsir Ahkam” dalam majalah al-Muslimun belum ada yang membukukannya. Kemudian, metode yang dipakai oleh Abdul Qadir Hassan terhadap ayat-ayat hukum berbeda dengan tafsir fiqh yang lain, ia tidak menggunakan pendapat-pendapat dari ulama tafsir lain atau imam fiqh (mazhab). Sebagaimana yang diketahui bahwa tafsir ayat-ayat ahkam cukup identik dengan perbedaan pendapat ulama atau mazhab. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) deng metode analisis-deskriptif. Berasarkan penelitian yang dilakukan, tercapai dua kesimpulan. Pertama, metode penafsiran yang digunakan oleh Abdul Qadir Hassan dalam menafsirkan ayat-ayat hukum adalah metode tahlili. Adapun penafsirannya bersumber dari ayat lain, hadis, dan pendapat ulama. Jika dilihat dari bentuk dan coraknya, penafsiran Abdul Qadir Hassan tergolong tafsir bi al-ma’tsur dengan corak fiqh. Kedua, dalam menafsirkan ayat-ayat ahkam, Abdul Qadir Hassan tidak memihak pada satu mazhab tertentu, sehingga pembaca memperoleh pemahaman yang luas tentang berbagai pendapat mazhab tanpa mendorong fanatisme buta.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmah, Idris Nuridris542002@gmail.com07020320043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotib, Khotibkhotibsholeh@gmail.com2008066902
Subjects: Hukum
Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Abdul Qadir Hassan; metodologi; tafsir ayat-ayat hukum
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Idris Nur Hikmah
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:51
Last Modified: 31 Jul 2024 03:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72563

Actions (login required)

View Item View Item