Analisis penerapan halal supply chain pada peternakan ayam broiler: studi pada usaha dan mitra peternakan CV. Prima Nusantara Jogja Kabupaten Sleman Yogyakarta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulfani, M. Ridwan (2024) Analisis penerapan halal supply chain pada peternakan ayam broiler: studi pada usaha dan mitra peternakan CV. Prima Nusantara Jogja Kabupaten Sleman Yogyakarta. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Ridwan Zulfani_08040420143 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (3MB)
[img] Text
M. Ridwan Zulfani_08040420143.pdf

Download (2MB)

Abstract

Supply Chain (Rantai Pasok) merupakan sebuah jaringan antar perusahaan atau beberapa pihak mulai dari awal proses produksi sampai berakhir kepada konsumen. Halal Supply Chain (Rantai Pasok Halal) adalah kesesuaian dengan prinsip syariah dari proses produksi hingga berakhir pada proses konsumsi. Fokus dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Supply Chain pada usaha peternakan ayam broiler CV. Prima Nusantara Jogja? 2) Bagaimana penerapan Halal Supply Chain pada usaha peternakan ayam broiler CV. Prima Nusantara Jogja? 3) Bagaimana sistem kemitraan pada peternakan ayam CV. Prima Nusantara Jogja? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi Supply Chain pada usaha peternakan ayam broiler CV. Prima Nusantara Jogja. 2) Menganalisis penerapan Halal Supply Chain pada usaha peternakan ayam broiler CV. Prima Nusantara Jogja. 3) Menganalisis sistem kemitraan pada peternakan ayam CV. Prima Nusantara Jogja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi selama penelitian berlangsung. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah dalam usaha CV. Prima Nusantara alur supply chain berawal dari perusahaan besar yang menjadi importir, produksi pakan ternak, dan kemitraan ayam broiler. Yang kemudian dari perusahaan besar tersebut menjalin kerja sama dengan CV. Prima Nusantara dan dari Prima Nusantara disalurkan langsung ke konsumen. Hubungan kerja sama kemitraan dari Mitra dan CV. Prima Nusantara sudah sesuai dengan aturan pemerintah dan syariat Islam yaitu akad Syirkah. Penerapan Halal Supply Chain dari CV. Prima Nusantara di peternakan mulai dari pemeliharaan yaitu pemberian pakan, obat dan vitamin sampai dengan kebersihan peternakan secara keseluruhan sudah sesuai dengan aturan yang berlaku dari pemerintah, dan untuk pemotongan dari hasil wawancara secara langsung kepada pihak RPA (Rumah Potong Ayam) Prima Nusantara seluruh proses sudah sesuai syariat Islam, namun itu tidak terdapat bukti penguat yaitu sertifikasi halal yang diterbitkan dari pemerintah. Jadi jika dilihat dari pandangan supply chain masih belum sepenuhnya halal. Peneliti memberikan rekomendasi terhadap pihak CV. Prima Nusntara Jogja Berdasarkan kesimpulan diatas peneliti memberikan saran untuk CV. Prima Nusantara untuk menyelesaikan dahulu urusan perihal sertifikasi halal untuk RPA agar informasi yang tersampaikan ke konsumen tentang kehalalan produk dapat diperkuat dengan logo halal pada kemasan produk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulfani, M. Ridwan08040420143@student.uinsby.ac.id0804042143
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Bakhrulbakhrul.huda@uinsby.ac.id2104098501
Subjects: Ekonomi Islam
Lingkungan Hidup
Keywords: Rantai pasok halal; peternakan ayam; kemitraan ayam Broiler; rumah potong ayam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridwan Zulfani
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:54
Last Modified: 31 Jul 2024 06:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72572

Actions (login required)

View Item View Item