Pengaruh penerapan model pembelajaran ELPSA (Experiences, Language, Picture, Symbol, Application) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Literasi Matematis Siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fu'adiyah, Nur Wahyu (2023) Pengaruh penerapan model pembelajaran ELPSA (Experiences, Language, Picture, Symbol, Application) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Literasi Matematis Siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Wahyu Fu'adiyah_06020420038 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nur Wahyu Fu'adiyah_06020420038 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2027.

Download (3MB)

Abstract

Siswa yang kurang memahami suatu konsep mungkin kesulitan memecahkan masalah matematika selama proses belajar mengajar. Memahami konsep tersebut menjadi penting karena akan mendukung siswa dalam mengatasi permasalah matematika dalam kehidupan nyata, yang juga dikenal dengan literasi matematika. Mengingat kurangnya kemampuan siswa dalam memahami konsep dan literasi matematika, solusinya adalah dengan menerapkan pemodelan belajar ELPSA (Experiences, Language, Pictures, Symbols, dan Application) yang dapat mendukung kedua aspek tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran ELPSA terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa; (2) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran ELPSA terhadap literasi matematis siswa; (3) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran ELPSA terhadap kemampuan pemahaman konsep dan literasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Desain penelitian menerapkan repeated measures design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan 1 kelas terpilih sebagai sampel penelitian, yaitu kelas IX-C SMP Negeri Bojonegoro sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui tes tulis berbentuk uraian untuk mengukur kemampuan memahami konsep dan literasi matematis siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini memakai uji MANOVA. Hasil analisis data sesudah dilakukan uji MANOVA, menunjukkan bahwa: (1) nilai sig 0,022 < 0,05 pada tes kemampuan pemahaman konsep yang mengindikasikan penolakan H0 dan H1 diterima, kesimpulannya model pembelajaran ELPSA berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa; (2) nilai sig 0,000 < 0,05 pada tes literasi matematis yang mengindikasikan penolakan H0 dan H1 diterima, sehingga didapatkan kesimpulan model pembelajaran ELPSA berpengaruh terhadap literasi matematis siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ELPSA berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep dan literasi siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fu'adiyah, Nur Wahyuwahyufuadiyah123@gmail.com06020420038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanulusawah@uinsa.ac.id2026098302
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: ELPSA; Experiences; Language; Picture; Symbol; Application; Kemampuan Pemahaman Konsep; Literasi Matematis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: NUR WAHYU FU'ADIYAH
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:46
Last Modified: 01 Aug 2024 03:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72579

Actions (login required)

View Item View Item