Evaluasi user experience pada menu data tugas akhir sistem informasi akademik UIN Sunan Ampel Surabaya menggunakan user experience questionnaire dan heuristic evaluation

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saniyyah, Zulfah (2024) Evaluasi user experience pada menu data tugas akhir sistem informasi akademik UIN Sunan Ampel Surabaya menggunakan user experience questionnaire dan heuristic evaluation. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulfah Saniyyah_09030620043 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Zulfah Saniyyah_09030620043 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Sistem Informasi Akademik UIN Sunan Ampel Surabaya (SINAU) yang diluncurkan oleh PUSTIPD masih menerima keluhan pengguna terkait fungsi sistem dan layanan pada website. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman pengguna menggunakan metode User Experience Questionnaire dan Heuristic Evaluation. User Experience Questionnaire mengevaluasi berdasarkan presepsi pengalaman pengguna dengan menggunakan kuesioner, sedangkan Heuristic Evaluation mengidentifikasi masalah dan kelebihan berdasarkan prinsip-prinsip desain.Pendekatan kuantitaif dilakukan dengan melakukan penyebaran 193 responden. Hasil evaluasi menggunakan UEQ diperoleh nilai evaluasi dibawah rata-rata (below average) dengan skala Attractiveness 0,722, Efficiency 0,724, Dependability 0,793, Stimulation 0,653, Novelty 0,464 dengan hasil netral dan Perspicuity 0,824 positif. Hasil evaluasi desain solusi Data tugas akhir menggunakan Heuristic Evaluation didapatkan pada aspek User Control and Freedom, Consistency and Standard, Recognition Rather than Recall, Flexibility and Efficiency of use, dan Aesthetic and Minimalistic menunjukkan tidak ada permasalahan usability. Sedangkan pada aspek Visibility System Status, Match between System, dan Error prevention menunjukkan masalah tidak perlu diperbaiki. Terdapat maalah dengan prioritas rendah pada aspek Help User With Error dan Help and Documentation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa website SINAU memerlukan perbaikan signifikan untuk meningkatkan kegunaan dan kepuasan pengguna. Penelitian ini memberikan dasar untuk rekomendasi perbaikan guna meningkatkan efisiensi dan efektifitas layanan SINAU.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saniyyah, Zulfahzulfahsaniyyah@gmail.com09030620043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsa.ac.id2027048602
Thesis advisorYusuf, Ahmadahmadyusuf@uinsbyac.id2020019001
Subjects: Tehnik Informatika
Teknologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Pengalaman pengguna; User Experience Questionnaire; Heuristic Evaluation; Sistem Informasi Akademik UIN Sunan Ampel Surabaya
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Zulfah Saniyyah
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:08
Last Modified: 01 Aug 2024 04:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72593

Actions (login required)

View Item View Item