Pengembangan perangkat pembelajaran strategi heuristik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maharani, Devi Islami (2024) Pengembangan perangkat pembelajaran strategi heuristik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Islami Maharani_06040420055 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Devi Islami Maharani_06040420055.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan perangkat pembelajaran strategi heuristik yaitu untuk menjelaskan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat yang terdiri dari aktivitas siswa, keterlaksanaan sintaks, respons siswa, data pretest dan posttest pada pembelajaran yang telah dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Plomp. Terdapat 3 fase pengembangan di antaranya : fase pendahuluan, fase pembuatan prototipe, dan fase penilaian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Modul Ajar dan LKPD. Uji coba ini dilakukan kepada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Lamongan yang terdiri dari 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catatan lapangan, teknik observasi aktivitas siswa, teknik observasi keterlaksanaan sintaks, teknik angket respons siswa, dan teknik tes kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran matematika dengan strategi heuristik. Data yang didapatkan dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran meliputi guru menggunakan kurikulum merdeka, kemudian dilakukan pembuatan prototipe Modul Ajar dan LKPD dengan strategi heuristik dan selanjutnya diujicobakan pada siswa kelas VII – A SMPN 1 Lamongan. 2) Data kevalidan Modul Ajar diperoleh nilai rata – rata sebesar 4,40 dan LKPD sebesar 4,24 sehingga dikategorikan “valid”. 3) Data kepraktisan Modul Ajar dan LKPD memperoleh nilai A tanpa revisi oleh dua validator dan nilai B oleh satu validator sehingga perangkat pembelajaran dikategorikan “praktis”. 4) Data keefektifan perangkat pembelajaran dikatakan “efektif” karena : a) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan strategi heuristik telah memenuhi kriteria “efektif” dengan persentase aktivitas siswa yang aktif pada pertemuan pertama adalah 96,4 % dan pada pertemuan kedua adalah 97,4%. Sedangkan persentase aktivitas siswa yang pasif pada pertemuan pertama adalah 3,6% dan pada pertemuan kedua adalah 2,6%. b) Keterlaksanaan sintaks pembelajaran strategi heuristik pada pertemuan pertama dan kedua dinyatakan “sangat baik” dengan rata – rata sebesar 3,67 dan 3,74. c) Respons siswa terhadap pembelajaran strategi heuristik memperoleh persentase rata – rata 80% termasuk dalam kategori “positif ”. d) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa antara sebelum dan sesudah pembelajaran berdasarkan perhitungan rumus Gain Ternormalisasi sebesar 0,3095 termasuk dalam kategori “sedang”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maharani, Devi Islamiislamidevi23@gmail.com06040420055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsa.ac.id0007128007
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com'2002046903
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Pembelajaran; strategi heuristik; kemampuan berpikir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Devi Islami Maharani
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:18
Last Modified: 02 Aug 2024 02:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72597

Actions (login required)

View Item View Item