Akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan BUMDes dalam keberlanjutan dan pertumbuhan Desa Kebaron Tulangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Difa, Arya Rahmansyah (2024) Akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan BUMDes dalam keberlanjutan dan pertumbuhan Desa Kebaron Tulangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Difa Arya Rahmansyah_08040120086 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Difa Arya Rahmansyah_08040120086.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan BUMDes dalam keberlanjutan dan pertumbuhan Desa Kebaron, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo. Peneliti tertarik untuk menyelidiki ruang lingkup akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan BUMDes, berdasarkan implementasi Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2021 tentang BUMDes dan pengelolaan Agrowisata Petik Buah Jambu Kaki Bumi pada tahun 2021 sebagai Desa Wisata terbaik di Kabupaten Sidoarjo. Teori ekonomi publik dan keuangan daerah menjadi landasan teori yang mengacu pada tiga poin utama yaitu 1) Akuntabilitas 2) Transparansi 3) Pengelolaan Keuangan BUMDes 3) Keberlanjutan dan Pertumbuhan Desa Kebaron, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo. Dalam penelitian ini, yang menggunakan metodologi kualitatif deskriptif pendekatan studi kasus, peneliti berperan sebagai instrumen utama. Adapun sumber data sekunder yang digunakan dalam BUMDes pelaporan keuangan sederhana. Berbagai teknik yang diterapkan digunakan Teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Untuk Teknik Analisis Data terdapat 3 poin utama yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, dan penarikan Kesimpulan. Pendekatan pemeriksaan keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut, akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan BUMDes sudah berjalan dengan baik sesuai dengan indicator standar operasional dalam urusan pemerintahan, mekanisme pertanggungjawaban, sistem pengawasan, sistem pemantauan kinerja penyelenggara, dan mekanisme penghargaan dan hukuman. Transparansi yang dilakukan oleh BUMDes kesediaan dan aksesbilitas dokumen sesuai dengan prosedur, kejelasan dan kelengkapan informasi dilakukann secara terbuka melalui musyawarah desa, dan terbuka bagi masyarakat Desa Kebaron untuk mengetahui perkembangan laporan keuangan. Adapun, keberlanjutan dan Pertumbuhan Desa berfokus pada usaha Agrowisata Kaki Bumi Petik Buah Jambu dengan penambahan sarana dan prasarana seperti wisata untuk anak-anak, dan kolam pancing dengan harapan agar meningkatkan PAD serta juga meningkatkan perekonomian warga. Saran dari penelitian tersebut adapun pemerintah desa, masyarakat, dan penelitian selanjutnya sebagai solusi bersama dalam permasalahan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan BUMDes.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Difa, Arya Rahmansyahdivaaria15@gmail.com08040120086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNufaisa, Nufaisanufaisa89@gmail.com2031078904
Subjects: Ekonomi
Keywords: Akuntabilitas; pengelolaan keuangan; BUMDes; pertumbuhan Desa
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Difa Arya Rahmansyah
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:06
Last Modified: 02 Aug 2024 02:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72608

Actions (login required)

View Item View Item