Analisis peran sektor unggulan terhadap perekonomian Kabupaten Gresik Tahun 2018-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hayati, Latifah Nur (2024) Analisis peran sektor unggulan terhadap perekonomian Kabupaten Gresik Tahun 2018-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Latifah Nur Hayati_G91219082 OK.pdf

Download (852kB)
[img] Text
Latifah Nur Hayati_G91219082 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 August 2027.

Download (818kB)

Abstract

Pembangunan ekonomi pada umumnya merupakan suatu usaha untuk meningkatkan Produk Domestik Regional Bruto atau PDRB suatu daerah maupun provinsi. Dalam upaya pembangunan ekonomi diperlukan untuk memilah sektor unggulan untuk dikelola dan dimanfaatkan karena akan memberikan kontribusi yang besar dalam pertumbuhan ekonomi daerah. Penelitian ini menggunakan metode analisis Location Quotient dan analisis Shift Share untuk menentukan sektor unggulan, yang kemudian di analisis lagi menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui strategi pengembangan sektor unggulan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran sektor unggulan terhadap perekonomian Kabupaten Gresik Tahun 2018-2022, dan apa saja strategi yang digunakan dalam upaya pengembangan sektor unggulan di Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statstik Kabupaten Gresik dan Badan Pusat Statistik Kabupaten Gresik, Bappeda Kabupaten Gresik, serta sumber lain seperti jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat delapan sektor yang tergolong dalam sektor basis, namun dari kedelapan sektor tersebut terdapat lima sektor yang termasuk dalam sektor unggulan yakni sektor industri pengolahan, sektor pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang, sektor transportasi dan pergudangan, sektor real estate, serta sektor jasa lainnya. Melalui analisis SWOT ditemukan strategi yang paling efektif dalam pengembangan sektor unggulan yakni melalui strategi Strength-Opportunity yang berarti menggunakan kekuatan untuk memaksimalkan peluang yakni dengan pembangunan dan perbaikan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat untuk menciptakan sumber daya manusia yang kreatif, terampil, dan kompetitif guna pengelolaan sumber daya alam, memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan sektor unggulan, serta mendorong kerjasama antar pemerintah dengan swasta untuk memanfaatkan sektor unggulan secara efektif dan efisien. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi bahan pemerintah daerah Kabupaten Gresik dalam upaya pengembangan sektor-sektor unggulan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi. Selain itu diharapkan penelitian ini sebagai masukan dan bahan pertimbangan dalam merumuskan strategi pengembangan sektor unggulan yang mana sektor sektor unggulan tersebut menyumbangkan PDRB yang besar bagi perekonomian Kabupaten Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hayati, Latifah Nurlatifahnrhyti10@gmail.comG91219082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKafabih, Abdullahkaafabih@gmail.com2007089103
Subjects: Ekonomi
Pembangunan
Keywords: Sektor Unggulan; Produk Domestik Regional Bruto; Pertumbuhan Ekonomi; Pembangunan Ekonomi.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Latifah Nur Hayati
Date Deposited: 03 Aug 2024 06:58
Last Modified: 03 Aug 2024 06:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72652

Actions (login required)

View Item View Item