Perlindungan hukum bagi konsumen dalam menggunakan jasa ekspedisi ditinjau dari Undang-Undang no. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permatasari, Putri Maharani (2024) Perlindungan hukum bagi konsumen dalam menggunakan jasa ekspedisi ditinjau dari Undang-Undang no. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Maharani Permatasaridewi_05040720044 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Putri Maharani Permatasaridewi_05040720044.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perlindungan hukum bagi konsumen dalam menggunakan jasa ekspedisi merupakan hal yang penting dalam memastikan hak-hak konsumen terlindungi secara adil dan sejalan dengan perkembangan zaman. Dikarenakan pada masa sekarang banyak kasus seperti hilangnya barang kiriman yang menimpa ke konsumen karena kelalaian yang dilakukan oleh pelaku usaha jasa ekspedisi. Maka dari itu, konsumen membutuhkan suatu perlindungan hukum yang landasan utamanya menggunakan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Dalam skripsi ini menjawab pertanyaan dari dua rumusan masalah yaitu: bagaimana perlindungan hukum atas perkara hilangnya barang yang dilakukan oleh jasa ekspedisi menurut Undang-Undang No. 8 Tahun 1999; serta bagaimana bentuk pertanggung jawaban terhadap kerugian yang dialami oleh konsumen dari pelaku usaha jasa ekspedisi. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode yuridis normatif legal research dengan pendekatan perundang-undang dan pendekatan konseptual. Bahan hukum yang digunakan dalam penelitian ini yaitu terdiri dari bahan hukum primer serta bahan hukum sekunder. Penelitian dalam baha hukum primer bisa didapatkan melalui perundang-undangan seperti Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHPerdata). Sedangkan bahan hukum sekunder didapat dari penjelasan bahan hukum primer seperti buku hukum, jurnal hukum, atau pandangan para ahli hukum. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis memperoleh kesimpulan bahwa konsumen mendapatkan sebuah perlindungan hukum dari Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 berupa pertanggungjawaban dari pelaku usaha jasa ekspedisi dengan cara memberikan ganti rugi senilai harga barang kirimannya yang telah hilang. Bentuk pertanggungjawaban yang didapatkan untuk konsumen telah tercantum dalam hukum pengangkutan di mana ada 3 bentuk yaitu ada tanggung jawab atas dasar kesalahan, tanggung jawab atas dasar praduga, serta tanggung jawab mutlak. Ketiga bentuk tanggung jawab ini menjadi penentuan bagi pelaku usaha jasa ekspedisi untuk menannggung akibat dari kesalahannya. Dari kesimpulan yang telah dijelaskan, penulis memberikan suatu saran yaitu: Pertama, untuk konsumen dalam menggunakan layanan jasa ekspedisi harus lebih teliti untuk memahami mengenai syarat standar dari pengiriman jasa ekspedisi sehingga apabila ada kasus hilang barang dapat diganti kerugiannya senilai dengan harga barang yang hilang tersebut. Kedua, untuk pelaku usaha jasa ekspedisi harus memberikan informasi yang jelas kepada konsumen kendala pengiriman barangnya. Sehingga para konsumen ini tidak merasa khawatir terhadap barang yang dikirim melalui layanan digunakan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permatasari, Putri Maharanimaharanip24.pmp@gmail.com05040720044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuwahid, Muwahidmuwahid@uinsby.ac.id2010037801
Subjects: Hukum > Hukum Perdata
Jual Beli
Keywords: Hukum; konsumen; jasa ekspedisi; Undang-Undang no. 8 tahun 1999; perlindungan konsumen
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Publik Islam
Depositing User: Putri Maharani Permatasaridewi
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:47
Last Modified: 02 Aug 2024 08:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72673

Actions (login required)

View Item View Item