Perilaku Investor Saham Syariah: Analisis Bibliometrik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur, Muhammad (2024) Perilaku Investor Saham Syariah: Analisis Bibliometrik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nur_08020420063 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Nur_08020420063 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan pangsa pasar saham syariah telah menunjukkan pertumbuhan secara signifikan. Hal ini tentunya dalam pertumbuhan saham syariah yangtercermin pada kumpulan harga indeks menjelaskan banyak faktor mengapa saham syariah begitu diminati. Pertumbuhan indeks-indeks saham syariah memberikan penjelasan bahwa pertumbuhan yang selama ini terjadi dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu dari minat investor itu sendiri terhadap saham syariah. Alasan mengapa investor tersebut berminat atau memilih saham syariah sebagai instrumen investasinya dapat dijelaskan melalui salah satu niat yang tercermin dari perilaku investor tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis tema terdahulu, saat ini, dan kedepan terkait perkembangan publikasi dengan topik bahasan perilaku investor pada pasar saham syariah selama antara tahun 1970 – 2023. metodologi yang digunakan yakni penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan Bibliometrik. Pada penelitian ini menggunakan sumber data sekunder yang diperoleh dari data Web of science yang diunduh pada periode 3 Oktober tahun 2023. Teknik pengambilan data pada penelitian ini, dengan memasukan lima kata kunci “Islamic Stock”, “Sharia Stock”, “Stock Market”, “Investor behavior”, dan “investment”, pada Web of Science. Selanjutnya data di analisis menggunakan aplikasi VOSViewer untuk membantu analisis bibliometrik dengan memvisualisasikan hasil analisis. Analisis pada penelitian ini menggunakan tiga analisis bibliometrik yang disediakan di aplikasi VOSViewer yaitu analisis co�citation (mewakili arah penelitian terdahulu), bibliography coupling (mewakili arah penelitian terkini), dan co-occurrence (mewakili arah penelitian kedepan). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan ditemukan bahwa tema pada analisis (co-citation) mewakili arah peneletian terdahulu investor cenderung berhati-hati dalam berinvestasi dan mendasarkan Keputusan pada sebuah data kinerja di masa lalu. Dalam analisis (pasangan bibliografi) atau yang mewakili arah peneletian saat ini, dampak literasi keuangan syariah memiliki dampak positif terhadap pertumbuhan pangsa saham syariah. Sedangkan dalam analisis (co-occurrence) atau yang mewakili arah peneletian kedepan, Investasi saham syariah dapat menjadi alternatif pilihan investasi yang baik sebagai alat pelindung nilai pada saat terkena ancaman geopolitik maupun krisis global. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak investor, emiten, dan pemerintahan untuk dapat melihat bagaimana perilaku investor yang berinvestasi, di pasar saham syariah serta dampaknya terhadap kegiatan investasinya. Hal ini dilakukan agar masyarakat dan investor diharapkan dapat memiliki pemahaman yang baik tentang pasar saham syariah, yang selanjutnya dapat memunculkan preferensi di kalangan masyarakat untuk memilih produk saham syariah sebagai instrumen investasinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur, Muhammadmambamambao1@gmail.com08020420063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhsan, Muhamadm.ahsan@uinsa.ac.id2021066802
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Perilaku Investor; Saham Syariah; Bibliometrik
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: M Nur Muhammad Nur Nur
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:17
Last Modified: 09 Sep 2024 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72695

Actions (login required)

View Item View Item