Makna Keramat dan Berkah pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qodir al-Jailani pada komunitas Copler Surabaya Studi Femenemologi Mircea Eliade

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningrum, Wasiatul Mahfidhoh Jaya (2024) Makna Keramat dan Berkah pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qodir al-Jailani pada komunitas Copler Surabaya Studi Femenemologi Mircea Eliade. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Wasiatul Mahfidhoh Jaya Ningrum _E71219057 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Wasiatul Mahfidhoh Jaya Ningrum _E71219057 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai makna keramat dan berkah pembacaan manaqib Syekh Abdul Qadir al-Jailani yang menjadi rutinitas komunitas Copler di Surabaya. Penelusuran data dalam penelitian ini menggunakan tahap wawancara dengan anggota Copler Surabaya mengenai makna keramat dan berkah. Peneliti akan mengungkapkan dari hasil wawancara. Teori yang digunakan adalah teori Mircea Eliade mengenai fenomenanya. Rumusan masalah yang digunakan: 1). Bagaimana Makna Keramat dan Berkah Pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qadir al-Jailani Bagi Melenial Pada Komunitas Copler Surabaya ? 2). Bagaimana Makna Keramat dan Berkah Pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qadir al-Jailani di tinjau dari Prespektif Femenemologi Mircea Eliade?. Hasil dari penelitian ini penulis menemukan temuan bahwa membaca manaqib Syekh Abdul Qadir al-Jailani mendapatkan banyak keberkahannya dan menjadikan ketenangan dalam hatinya serta bentuk mendekatkan diri kepada Allah. Tidak hanya itu menurut pendapat Mircea Eliade keramat dan berkah memiliki makna suci. Kesucian tempatnya, Manaqibnya, serta dalam pembacaan Manaqib juga harus suci dengan berwudhu. Sehingga menyatu dalam konsep kesimbolannya dan mitosnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningrum, Wasiatul Mahfidhoh Jayawasiatulmahfidoh@gmail.comE71219057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, Tasmujitasmuji@uinsa.ac.id2027096201
Subjects: Filsafat
Keywords: Manaqib Syekh Abdul Qodir; Makna Keramat dan Berkah; Manaqib; Milenial; Komunitas Copler Surabaya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Wasiatul Ningrum
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:12
Last Modified: 12 Aug 2024 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72729

Actions (login required)

View Item View Item