Prevalensi dan intensitas ednoparasit pada ikan layur dari tempat pelelangan ikan (TPI) Paciran Lamongan dan Tamperan Pacitan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Himma, Nur Afidatul (2022) Prevalensi dan intensitas ednoparasit pada ikan layur dari tempat pelelangan ikan (TPI) Paciran Lamongan dan Tamperan Pacitan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Afidatul Himma_H04218010 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nur Afidatul Himma_H04218010 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Ikan layur merupakan salah satu ikan demersal yang bernilai ekonomis sehingga memiliki banyak peminat. Endoparasit adalah jenis parasit yang menginang di organ bagian dalam serta banyak ditemukan pada ikan yang hidup di dasar perairan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tingkat prevalensi, intensitas dan jenis endoparasit pada ikan layur yang didaratkan dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Paciran Lamongan dan Tamperan Pacitan. Metode penelitian yang digunakan adalah purposive sampling dengan menentukan lokasi penelitian di perairan utara pulau Jawa dan Samudera Hindia. Sampel yang digunakan sebanyak 10% ikan layur dari hasil tangkapan harian nelayan dengan total sampel kedua lokasi 56 ekor. Pemeriksaan endoparasit dilakukan pada bagian daging, usus, hati, ginjal dan lambung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat endoparasit jenis Anisakis sp. dan Camallanus sp. pada ikan layur yang terdapat pada organ usus, lambung dan daging. Nilai Prevalensi endoparasit yang menginfeksi ikan layur dari TPI Paciran Lamongan dan TPI Tamperaan Pacitan sebesar 0,2% dan 0,4%. Nilai Intensitas endoparasit ikan layur dari TPI Paciran Lamongan dan TPI Tamperan Pacitan sebesar 1,3 ind/ekor dan 1,9 ind/ekor. Berdasarkan nilai tersebut menunjukkan bahwa ikan layur dari kedua lokasi memiliki tingkat prevalensi serangan jarang serta intensitas atau kelimpahan endoparasit tergolong rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Himma, Nur AfidatulAfidatul09@gmail.comH04218010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHalim, Abdulabdulhaliminkafa05@gmail.com2012087001
Thesis advisorViolando, Wiga Alifwiga.alif@uinsby.ac.id2019031012
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Anisakis sp; Camallanus sp; endoparasit; layur; prevalensi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Nur Afidatul Himma
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:24
Last Modified: 12 Aug 2024 03:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72743

Actions (login required)

View Item View Item