Analisis tingkat kesehatan bank dengan menggunakan metode pendekatan CAMEL periode sebelum dan selama pandemi Covid-19: studi pada PT BPRS Bakti Makmur Indah - Krian Sidoarjo tahun 2019-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadilah, Shakilla Husnia Al (2023) Analisis tingkat kesehatan bank dengan menggunakan metode pendekatan CAMEL periode sebelum dan selama pandemi Covid-19: studi pada PT BPRS Bakti Makmur Indah - Krian Sidoarjo tahun 2019-2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shakilla Husnia Al Fadilah_G74218135.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Shakilla Husnia Al Fadilah_G74218135_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 August 2027.

Download (8MB)

Abstract

Penurunan kinerja bank merupakan salah satu dampak yang dapat mengakibatkan Kesehatan bank memburuk atau menjadi tidak sehat. Objektivitas ini bisa dipahami melalui kegiatan membandingkan keadaan bank dengan situasi lingkungan normal yakni sebelum pandemic covid-19 dimulai, pada tahun 2019, dan antara pandemi covid-19 yakni di tahun 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif. Pendekatan kualitatif yakni dengan memahami fenomena apa yang dialami oleh subyek penelitian. Sedangkan komparatif adalah penelitian ilmiah atau kajian berdasarkan pada perbandingan yang bersifat ex post facto. Artinya data dikumpulkan setelah semua kejadian yang dikumpul telah selesai berlangsung dengan melihat akibat dari data-data yang tersedia. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan Teknik dokumentar, yakni Teknik perolehan data yang didapatkan berdasarkan dokumen-dokumen yang relevan yang dapat digunakan sebagai sumber data. Data yang digunakan yakni laporan triwulan BPRS sebagai data primer yang didapat melalui website resmi yang diterbitkan oleh OJK. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat Kesehatan bank PT. BPRS Bakti Makmur Indah jika ditinjau dengan metode CAMEL pada tahun 2019, dalam faktor permodalan, kualitas asset produktif, manajemen, rentabilitas dan likuiditas memiliki peringkat 1. Pada tahun 2020, faktor permodalan, kualitas asset produktif, manajemen dan likuiditas memiliki peringkat 1, sedangkan faktor rentabilitas memiliki peringkat 2. Terdapat perbedaan tingkat Kesehatan bank sebelum dan selama pandemi covid-19, yakni pada faktor earnings (rentabilitas) yang mana BOPO, dan ROE sebelum pandemic covid-19 di tahun 2019 memiliki peringkat 1 semua. Berbeda dengan selama adanya pandemic covid-19 yakni di tahun 2020 BOPO memiliki peringkat 3 dan ROE memiliki peringkat 2. Hal ini mempengaruhi perolehan laba pada Lembaga keuangan itu sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadilah, Shakilla Husnia Alshakillahusnia31@gmail.comG74218135
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBuchori, Imambuchenanina@gmail.com2026096801
Subjects: Bank dan Perbankan
Keywords: Tingkat kesehatan bank; metode CAMEL; covid-19
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Shakilla Husnia Al Fadilah
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:09
Last Modified: 27 Aug 2024 08:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72760

Actions (login required)

View Item View Item