Identifikasi dan studi karakteristik habitat Sand Dollar di perairan Pantai Bilik Sijile Labuhan Merak, Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anwar, Chesylia Puspita (2024) Identifikasi dan studi karakteristik habitat Sand Dollar di perairan Pantai Bilik Sijile Labuhan Merak, Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chesylia Puspita Anwar_09010420005 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Chesylia Puspita Anwar_09010420005 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berlokasi di Perairan Pantai Bilik Sijile Labuhan Merak, kawasan Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, yang dikenal memiliki potensi biodiversitas tinggi dengan keanekaragaman biota lautnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi spesies Sand dollar yang ada, menganalisis substrat dasar, dan memahami hubungan antara kondisi lingkungan dengan kelimpahan Sand dollar. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Februari 2024, baik siang maupun malam hari, dengan metode random sampling di tiga stasiun pengamatan. Setiap stasiun memiliki karakteristik substrat yang berbeda, di mana stasiun pertama didominasi pasir (58%), puing (21%), kerikil (11%), dan lanau (10%); stasiun kedua juga didominasi pasir (60%), puing (22%), kerikil (12%), dan lanau (6%); sedangkan stasiun ketiga memiliki lebih banyak lanau (36%), pasir (46%), dan puing (18%), tanpa kerikil. Analisis laboratorium terhadap sampel sedimen menunjukkan bahwa kelimpahan Sand dollar berkorelasi positif dengan tingginya kandungan bahan organik dalam sedimen. Produktivitas primer yang tinggi di perairan ini, didukung oleh tingginya kandungan nitrat dan fosfat, mendukung pertumbuhan fitoplankton yang merupakan sumber makanan utama bagi Sand dollar. Hasil identifikasi menunjukkan adanya empat spesies Sand dollar yaitu Laganum centrale, Laganum depressum, Laganum fudsiyama, dan Laganum laganum. Total individu Sand dollar yang ditemukan adalah 173, dengan variasi ukuran yang mencerminkan perbedaan dalam pertumbuhan individu. Keanekaragaman Sand dollar di perairan ini tergolong tinggi, mencerminkan kondisi ekosistem yang sehat dan mendukung. Temuan ini memberikan wawasan penting untuk pengelolaan dan konservasi ekosistem laut di Taman Nasional Baluran, khususnya dalam menjaga habitat Sand dollar yang berperan penting dalam keseimbangan ekosistem laut. Stasiun pertama dan kedua yang didominasi oleh pasir terbukti menjadi karakteristik habitat yang mendukung keberadaan Sand dollar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anwar, Chesylia Puspitachesyliapuspita09@gmail.com09020420020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMauludiyah, Mauludiyahmauludiyah@uinsby.ac.id2017118204
Thesis advisorViolando, Wiga Alifwiga.alif@uinsby.ac.id2029039203
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Sand dollaar; Substrat; Kelimpahan; Keanekaragaman
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Chesylia Puspita Anwar
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:48
Last Modified: 12 Aug 2024 02:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72762

Actions (login required)

View Item View Item