Tinjauan fiqh siyāsah terhadap pemasangan alat peraga kampanye di Kabupaten Gresik menjelang pemilihan umum 2024 menurut peraturan komisi pemilihan umum nomor 15 tahun 2023 tentang kampanye pemilihan umum

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syavara, Diajeng Widia (2024) Tinjauan fiqh siyāsah terhadap pemasangan alat peraga kampanye di Kabupaten Gresik menjelang pemilihan umum 2024 menurut peraturan komisi pemilihan umum nomor 15 tahun 2023 tentang kampanye pemilihan umum. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diajeng Widia Syavara_05020420029.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Diajeng Widia Syavara_05020420029_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 August 2027.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tinjauan Fiqh Siyāsah terhadap pemasangan alat peraga kampanye di Kabupaten Gresik menjelang pemilihan umum 2024 menurut Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2023 tentang kampanye pemilihan umum”. Merupakan penelitian yang di latar belakangi oleh banyaknya pelanggaran terkait pemasangan Alat Peraga Kampanye, kemudian bertentangan dengan regulasi yang sudah ditetapkan terkait jadwal kampanye. Sekripsi ini menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam rumusan masalah: Bagaimana implementasi PKPU Nomor 15 Tahun 2023 terhadap Alat Peraga Kampanye di Kabupaten Gresik dan bagaimana pandangan Fiqh Siyāsah terhadap pemasangan Alat Peraga Kampanye di Kabupaten Gresik menurut PKPU Nomor 15 Tahun 2023.Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris yang bertujuan untuk memahami pemasangan Alat Peraga Kampanye di Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik. Menggunakan pendekatan kajian hukum sosiologis (sociological jurisprudence), karena terdapat kesenjangan antara hukum dan praktiknya. Dengan Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi dan wawancara. Serta teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan kemudian verifikasi atau menarik kesimpulan. Penelitian ini mengkaji implementasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 terhadap pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) sebelum jadwal resmi kampanye di Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik, serta pandangan Fiqh Siyāsah tentang pemasangan APK dalam konteks politik lokal. Temuan menunjukkan adanya ketidaksesuaian dan ketidakefektifan dalam pelaksanaan peraturan tersebut, dengan beberapa partai politik melakukan pelanggaran terhadap waktu yang telah ditetapkan, mengabaikan keindahan lingkungan, dan mengutamakan keuntungan politik. Meskipun tindakan penertiban telah dilakukan oleh Panwaslu, kurangnya tanggung jawab internal dari sejumlah partai politik menjadi kendala utama. Dari perspektif Fiqh Siyāsah , masih banyaknya pelanggaran menyoroti bahwa kurangnya implementasi nilai-nilai Islam dalam kampanye ini, menunjukkan bahwa kepatuhan terhadap aturan Syari'at Islam belum sepenuhnya diimplementasikan dalam praktek politik di Kecamatan Kedamean. Sejalan dengan kesimpulan diatas, peneliti memberikan saran kepada pihak yang berwenang terkait perlunya penegasan aturan sanksi terhadap partai politik yang melanggar peraturan, karena sanksi yang diberikan hanya bersifat administratif dan terbatas pada teguran. Diperlukan tindakan serius dari penyelenggara pemilu untuk memperbaiki efektivitas penerapan aturan kampanye, Penguatan mekanisme pengawasan, penyuluhan kepatuhan. Untuk menekankan jumlah pelanggaran serta diharapkan lebih banyak lagi mensosialisasikan peraturan terkait kampanye.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syavara, Diajeng Widia05020420029@student.uinsby.ac.id05020420029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohmad, Ahmad Khubby Aligoesbobby@gmail.com2020097801
Subjects: Politik
Politik > Politik Islam
Demokrasi
Keywords: Fiqih siyasah; pemilihan umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Diajeng Widia Syavara
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:19
Last Modified: 13 Aug 2024 08:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72769

Actions (login required)

View Item View Item