Problematika tempat tinggal suami istri dan dampaknya terhadap keharmonisan rumah tangga di Desa Tlogobendung Gresik perspektif hukum Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulida, Amelia Wulan (2024) Problematika tempat tinggal suami istri dan dampaknya terhadap keharmonisan rumah tangga di Desa Tlogobendung Gresik perspektif hukum Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amelia Wulan Maulida_05020120036_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2027.

Download (5MB)
[img] Text
Amelia Wulan Maulida_05020120036.pdf

Download (5MB)

Abstract

Hukum Islam menetapkan bahwa penyediaan tempat tinggal merupakan hak istri berupa nafkah yang merupakan kewajiban suami. Akan tetapi, secara praktiknya kewajiban tersebut tidak dapat dipenuhi sebagaimana mestinya disebabkan oleh beberapa kondisi seperti yang terjadi pada pasangan suami istri di Desa Tlogobendung Gresik. Oleh karena itu, perlu kajian lebih dalam untuk mengetahui bagaimana latar belakang problematika tempat tinggal suami istri di Desa Tlogobendung Gresik dan dampaknya terhadap keharmonisan rumah tangga serta bagaimana analisis hukum Islam terhadap problematika tempat tinggal suami istri di Desa Tlogbendung Gresik dan dampaknya terhadap keharmonisan rumah tangga. Hasil penelitian ini adalah: pertama, problematika tempat tinggal suami istri di Desa Tlogobendung Gresik dilatarbelakangi oleh kondisi tempat tinggal yang sempit, keterbatasan ruang privasi dan keributan di lingkungan tempat tinggal yang menganggu ketenangan dan kenyamanan pasangan suami istri. Tempat tinggal tersebut menyebabkan perselisihan dan berdampak pada keharmonisan rumah tangga pasangan suami istri tersebut; dan kedua, Penyelesaian problematika tempat tinggal tiga pasangan suami istri di Desa Tlogobendung Gresik sesuai dengan hukum Islam, yakni suami memberikan tempat tinggal sesuai dengan kemampuan suami tapi tetap memperhatikan kondisi dan kenyamanan istri. Pemenuhan terhadap kriteria keluarga sakinah termasuk hak dan kewajiban mendukung rumah tangga tiga pasangan tersebut tetap harmonis, sementara penyelesaian tempat tinggal dua pasangan lainnya tidak sesuai dengan hukum Islam disebabkan oleh tidak terpenuhinya kriteria keluarga sakinah terutama hak dan kewajiban suami istri yang berdampak pada keharmonisan rumah tangga (bercerai)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulida, Amelia Wulanameliaawulanmaulida252@gmail.com05020120036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlya, ZakiyatulZakiyatululya@uinsby.ac.id199007122015032008
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Perdata Islam
Keywords: Nafkah; pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Amelia Wulan Maulida
Date Deposited: 21 Aug 2024 00:59
Last Modified: 21 Aug 2024 00:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72790

Actions (login required)

View Item View Item