Problematika kawin hamil dan upaya mempersiapkan ketahanan keluarga dalam perspektif hukum Islam: studi kasus Desa Karangpakis Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Azizah Ainur (2024) Problematika kawin hamil dan upaya mempersiapkan ketahanan keluarga dalam perspektif hukum Islam: studi kasus Desa Karangpakis Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azizah Ainur Rohmah_05020120039.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Azizah Ainur Rohmah_05020120039_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, problematika akibat kawin hamil yang dialami oleh pasangan kawin hamil di Desa Karangpakis secara garis besar adalah terkait nafkah dan nasab anak. Nafkah yang diberikan suami belum dapat mencukupi kebutuhan rumah tangga sehingga istri harus membantu bekerja. Sedangkan masalah nasab anak yang dikandung dari kawin hamil adalah anak yang dikandung dari kawin hamil dapat dinasabkan kepada ibu dan bapaknya apabila anak tersebut lahir setelah enam bulan perkawinan dan dilakukan dengan laki-laki yang menghamili. Kedua, Pasangan kawin hamil di Desa Karangpakis telah berupaya untuk memenuhi semua aspek ketahanan keluarga, namun pada aspek ekonomi mereka masih belum terpenuhi dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari pasangan kawin hamil belum memiliki tempat tinggal sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Azizah Ainurazizahainur19@gmail.com05020120039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMalik, Arif Jamaluddinarjamal77@gmail.com2006117202
Subjects: Hukum Islam > Perkawinan
Keluarga
Hukum Islam > Status Anak
Keywords: Kawin hamil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Azizah Ainur Rohmah
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:24
Last Modified: 26 Aug 2024 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72815

Actions (login required)

View Item View Item