Penerapan prinsip kewirausahaan Islam pada komunitas wirausaha muslimah Gresik dalam upaya meningkatkan pendapatan anggota

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afandi, Muhammad Dwiki Maulana (2024) Penerapan prinsip kewirausahaan Islam pada komunitas wirausaha muslimah Gresik dalam upaya meningkatkan pendapatan anggota. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Dwiki Maulana Afandi_08040420147 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 August 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Dwiki Maulana Afandi_08040420147.pdf

Download (2MB)

Abstract

Komunitas Wirausaha Muslimah Gresik didirikan dengan tujuan untuk memberdayakan perempuan muslimah melalui berbagai program kerja seperti pelatihan dan kegiatan yang mendukung pengembangan usaha kecil dan menengah. Namun meskipun komunitas ini memiliki banyak program kerja yang bermanfaat, ketidakonsistenan dalam pelaksanaan program kerja yang tidak sesuai syariat Islam dapat memberikan dampak negatif terhadap pendapatan anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip kewirausahaan Islam pada Komunitas Wirausaha Muslimah Gresik dalam upaya meningkatkan pendapatan anggotanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan memahami fenomena sosial serta menciptakan gambaran deskriptif yang disajikan secara verbal untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip kewirausahaan Islam dalam program kerja Komunitas Wirausaha Muslimah Gresik dan upayanya dalam meningkatkan pendapatan anggotanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kerja yang dilakukan oleh Komunitas Wirausaha Muslimah Gresik seperti pelatihan hias hantaran, cooking class, dan pelatihan buket terbukti membantu mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan para anggota untuk menjalankan sebuah usaha. Hal tersebut juga menjadi peran dari Komunitas Wirausaha Muslimah Gresik dalam berupaya meningkatkan pendapatan anggotanya, namun peran yang ditimbulkan belum sepenuhnya memberikan dampak ke sebagaian anggota dan peneliti menemukan bahwa dua dari sebagian anggota komunitas mengalami perkembangan pendapatan dalam bisnis mereka setelah mengikuti program kerja yang diadakan. Penerapan prinsip kewirausahaan Islam di Komunitas Wirausaha Muslimah Gresik telah memenuhi empat prinsip yakni prinsip tauhid, keadilan, fairplay, kejujuran, kecuali satu yakni prinsip transparansi dari segi keuangan komunitas. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa penerapan prinsip kewirausahaan Islam di Komunitas Wirausaha Muslimah Gresik dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggotanya ketika diterapkan secara konsisten. Penelitian ini dapat memberikan rekomendasi kepada pihak Komunitas Wirausaha Muslimah Gresik untuk melakukan evaluasi terhadap komunitasnya. Selain itu pihak komunitas juga dapat memberikan para anggota pembelajaran lebih dalam mengenai prinsip kewirausahaan Islam, sehingga dapat berwirausaha sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afandi, Muhammad Dwiki Maulana08040420147@student.uinsby.ac.id08040420147
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSa’adah, Mazro’atusmazroatus.saadah@uinsby.ac.id2027087703
Subjects: Organisasi Masyarakat
Wirausaha
Wanita dalam Islam
Keywords: Kewirausahaan Islam; wirausaha muslimah; pendapatan anggota
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email 08040420147@student.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Aug 2024 04:57
Last Modified: 23 Aug 2024 04:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72820

Actions (login required)

View Item View Item