Perlindungan hukum terhadap anak sebagai korban eksploitasi ekonomi: studi di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amanda, Tasya Marsa Ghariza (2024) Perlindungan hukum terhadap anak sebagai korban eksploitasi ekonomi: studi di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amanda Tasya Marsa Ghariza_05040720030.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Amanda Tasya Marsa Ghariza_05040720030 full.pdf

Download (4MB)

Abstract

Melihat banyaknya keberadaan anak yang melakukan pekerjaan hingga malam hari di Kota Surabaya yang mana anak seharusnya diberikan perhatian, dilindungi hak-haknya dan tidak seharusnya melakukan pekerjaan. Sebagai negara hukum, pemerintah bersama lembaga perlindungan anak berkewajiban memberikan perlindungan dan pencegahan terhadap anak yang terlibat eksploitasi secara ekonomi. Maka dari itu skripsi ini mencakup dua rumusan masalah yaitu, bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap anak sebagai korban eksploitasi ekonomi oleh Dinas P3APPKB dan bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap anak sebagai korban eksploitasi ekonomi oleh Dinas P3APPKB berdasarkan Undang-Undang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum yuridis-empiris yaitu mengkaji dan menganalisis bekerjanya hukum terhadap masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat dan dengan menggunakan bahan berupa sumber yang telah diperoleh dilapangan dengan metode wawancara atau interview narasumber, serta melihat dokumen-dokumen yang ada. Penelitian ini menitikberatkan pada tipe penelitian hukum yuridis sosiologis (sociological jurisprudence) yang berlandaskan pada peraturan perundang-undangan dengan mengamati reaksi dan interaksi yang terjadi ketika sistem norma itu diterapkan di dalam masyarakat. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini ialah data melalui wawancara dengan Dinas P3APPKB dan UPTD PPA Kota Surabaya dan sumber data sekunder ialah berupa buku, jurnal, artikel ilmiah, berita, dan mengkaji penerapan ketentuan hukum positif. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa: Pertama, bentuk perlindungan yang dilakukan oleh Dinas P3APPKB yaitu perlindungan preventif yang menjadi wewenang Dinas P3APPKB dan perlindungan represif menjadi wewenang UPTD PPA Kota Surabaya. Perlindungan yang diberikan telah dilakukan dengan baik dalam hal penanganan, pendampingan, pemulihan korban dan pemenuhan hak-hak anak. Kedua, secara yuridis perlindungan yang diberikan tidak sesuai dengan ketentuan pasal 88 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, sebab tidak membawa pelaku ke ranah hukum karena memperhatikan kondisi sosial pelaku. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan saran agar Dinas P3APPKB lebih menekankan orang tua terkait pemahaman dalam tanggung jawab serta larangan mengeksploitasi anak secara ekonomi. Aparat penegak hukum lebih tegas terhadap orang tua atau oknum yang tidak bertanggung jawab dengan memberikan efek jera atau sanksi sebagaimana dalam ketentuan peraturan perundang-undangan kepada pelaku serta mendorong akan pentingnya perlindungan anak di dalam masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amanda, Tasya Marsa Ghariza05040720030@student.uinsby.ac.id05040720030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahir, Mahirmahir@uinsby.ac.id2004127205
Subjects: Anak
Hukum > Hukum Pidana
Hukum
Keywords: Hukum; anak; ekonomi; Dinas Pemberdayaan Perempuan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Publik Islam
Depositing User: Amanda Tasya Marsa Ghariza
Date Deposited: 22 Aug 2024 08:44
Last Modified: 22 Aug 2024 08:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72838

Actions (login required)

View Item View Item