Analisis yuridis terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak pasca cerai: studi kasus di Desa Panjunan Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febriansyah, Raihan Ruri (2024) Analisis yuridis terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak pasca cerai: studi kasus di Desa Panjunan Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Raihan Ruri Febriansyah_05040120134 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Raihan Ruri Febriansyah_05040120134.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan bagaimana problematika implementasi pemenuhan hak dan perlindungan anak pasca cerai di Desa Panjunan Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo, bagaimana analisis yuridis terhadap upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak pasca cerai di desa tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, serta dokumentasi. Berdasarkan dari data yang telah diperoleh serta dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan pola pikir deduktif dengan memaparkan dan menjelaskan teori tentang pemenuhan hak dan perlindungan anak pasca cerai di Desa Panjunan Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo, kemudian fenomena tersebut akan di analisis menggunakan Undang-Undang No. 35 Tahun 2014 dan Kompilasi Hukum Islam. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa problematika implementasi pemenuhan hak dan perlindungan anak pasca cerai terdapat pada pemahaman orang tua pasca cerai di Desa Panjunan yang hanya berdasar pada jaminan hak nafkah makan, pendidikan, serta pada intinya seorang anak dapat hidup sebagaimana mestinya. Pada kenyataannya anak-anak pasca cerai lebih butuh perhatian lebih serta perlindungan yang cukup dari orang tuanya. Melalui observasi dan wawancara dapat disimpulkan bahwa dalam kasus pertama Pak Joko (nama samaran) kurang memberikan perhatian serta perlindungannya sebagai seorang ayah kepada anak perempuannya. Dalam kasus kedua Bu Lilik (nama samaran) dan ketiga Bu Wiwik (nama samaran) sama-sama tidak memperbolehkan anaknya untuk bertemu maupun menghubungi mantan suaminya dan kurang memberikan perhatian lebih sebagai terhadap tumbuh kembang anak-anaknya dan anak-anak mereka tidak mendapat nafkah pemeliharaan (hadhanah) dari ayahnya. Hal ini sangat belrtelntangan delngan Pasal 14 UU No. 35 Tahun 2014 yang melngatulr sangat rinci telrkait hak-hak anak selrta belntulk tanggulng jawab orang tula telrhadap anak pasca celrai. Jika ditinjaul melalui analisis KHI, hal tersebut belrtelntangan delngan adanya Pasal 156 hulrulf d yaitul selmula biaya pelmelliharaan (hadhanah) dan nafkah anak melnjadi tanggulng jawab ayah melnulrult kelmampulannya, selkulrang-kulrangnya sampai anak telrselbult delwasa dapat melngulruls diri selndiri (21 tahuln). Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka penulis menyarankan bagi masyarakat helndaknya selbellulm melangsungkan pelrnikahan sebaiknya melnyiapkan diri delngan selbaik mulngkin. Salah satulnya melmiliki rasa tanggulng jawab kelpada anak selpelrti yang telrtulang dalam UlUl Pelrlindulngan Anak dan Kompilasi Hulkulm Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febriansyah, Raihan Ruriraihanruri19@gmail.com05040120134
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDarmawan, Darmawandai.wawan@gmail.com2010048001
Subjects: Hukum
Keluarga > Keluarga - Anak
Orang tua dan Anak
Keywords: Hak anak; perlindungan anak; perceraian
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Raihan Ruri Febriansyah
Date Deposited: 26 Aug 2024 05:02
Last Modified: 26 Aug 2024 05:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72842

Actions (login required)

View Item View Item