Klasifikasi penyakit cardiovascular menggunakan metode naive bayes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Ika Nur (2023) Klasifikasi penyakit cardiovascular menggunakan metode naive bayes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Nur Aini_H92218045.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Ika Nur Aini_H92218045_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 August 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penyebab utama kematian di seluruh dunia adalah penyakit Cardiovascular yang merupakan penyakit tidak menular. Tingginya prevalensi kematian terkait penyakit Cardiovascular merupakan akibat dari kurangnya kesadaran pasien akan perlunya pemeriksaan atau identifikasi dini yang menyebabkan angka kematian meningkat setiap tahunnya. Naive Bayes merupakan pengklasifikasian probabilitas sederhana yang dilatih secara efisien untuk pembelajaran yang diawasi (supervised learning). Naive Bayes Classifier sangat baik dibandingkan dengan model pengklasifikasi lainnya dikarenakan memiliki tingkat akurasi yang lebih baik. Tujuan penelitian ini ialah mengklasifikasikan faktor risiko yang mempengaruhi terjadinya penyakit Cardiovascular. Data yang digunakan sebanyak 303 penderita dengan 8 parameter sebagai variabel yaitu usia, nyeri dada, jenis kelamin, kolesterol, thalassemia, kadar gula, tekanan darah, serta detak jantung. Penelitian ini juga menggunakan empat kelas variabel dependen yaitu jantung normal, jantung koroner, jantung hipertensi, dan gagal jantung dimana masing-masing kelas memiliki jumlah data yang tidak seimbang (imbalanced data) untuk itu menerapkan proses k-fold cross validation dengan k sama dengan 10. Pada penelitian ini didapatkan hasil prediksi jenis penyakit Cardiovascular nilai tertinggi probabilitasnya diklasifikasikan ke dalam kelas gagal jantung yaitu sebesar 0, 3199311333323 dengan nilai akurasi sebesar 70,97% yang berarti pengklasifikasian tergolong bagus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Ika Nurikanuraini56@gmail.comH92218045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Yuniaryuniar_farida@uinsby.ac.id2027057901
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id2028088501
Subjects: Matematika
Keywords: Penyakit cardiovascular; naive bayes; k-fold cross validation
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Ika Nur Aini
Date Deposited: 27 Aug 2024 06:55
Last Modified: 27 Aug 2024 06:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72863

Actions (login required)

View Item View Item