This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Farida, Chusnul (2016) Peningkatan Pemahaman pada Mata Pelajaran SKI Menggunakan Metode Game Pesawat Masalah Kelas IV SDNU Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (231kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran SKI materi Hijrah Nabi Muhammad ke Habasyah dilaksanakan di SDNU Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik pada kelas IV sudah menggunakan metode-metode pembelajaran SKI. Tetapi sebagian siswa kurang memahami karena sebagian siswa kurang dalam membaca materi dan kurang memperhatikan penjelasan guru pada saat guru menerangkan, mungkin metode atau media yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang cocok untuk kelas IV SDNU Kanjeng sepuh. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa dalam memahami materi Hijrah, sehingga berpengaruh pada hasil belajar. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti akan melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Game Pesawat Masalah pada materi hijrah ke Habasyah kelas IV SDNU Kanjeng Sepuh. Tujuan utama penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan penerapan metode Game Pesawat Masalah dalam meningkatkan pemahaman terhadap materi Hijrah Nabi Muhammad ke Habasyah mata pelajaran SKI pada siswa kelas IV SDNU Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. 2) Memaparkan peningkatan pemahaman siswa kelas IV SDNU Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik terhadap materi Hijrah Nabi Muhhammad mata pelajaran SKI dengan menggunakan metode Game Pesawat Masalah. Metode penelitian ini menggunakan metode tindk kelas, dengan subjek penelitian yang terdiri dari 32 siswa SDNU Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik kelas IV semester II tahun ajaran 2015/2016 . tindakan yang diberikan dengan menggunakan permainan dengan memecahkan masalah. Tindakan ini diberikan dengan dua siklus (siklus I dan siklus II). Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan pemahaman siswa kelas IV SDNU Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik terhadap materi perkembangan siswa kelas IV SDNU Kanjeng Sepuh dengan materi Hijrah Nabi Muhammad ke Habasyah pada mata pelajaran SKI dengan menggunakan metode Game Pesawat Masalah. Hal ini dapat diketahui dari perbandingan sebelum menggunakan metode Game Pesawat Masalah nilai rata-rata kelas siswa 72,03, setelah menggunakan metode Game Pesawat Masalah nilai rata-rata dapat dijelaskan sebagai berikut: Nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 75,67, sedangkan nilai rata-rata pada siklus II yaitu 80,67. Tingkat ketuntasan belajar (KKM) pada siklus I adalah 63% sedangkan ketuntasan belajar pada siklus II adalah 87,5%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Metode |
||||||||
Keywords: | Pembelajaran SKI; Hijrah Nabi Muhammad SAW; Metode Game Pesawat Masalah | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Idatul Umroh | ||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2016 05:33 | ||||||||
Last Modified: | 13 Nov 2019 03:53 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7287 |
Actions (login required)
View Item |