Strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah pada KSPPS BMT NU Ngasem Jawa Timur di Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusuma, Anggita Indah (2024) Strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah pada KSPPS BMT NU Ngasem Jawa Timur di Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggita Indah Kusuma_08010420005 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 August 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Anggita Indah Kusuma_08010420005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Saat ini persaingan dengan Lembaga Keuangan khususnya Lembaga Keuangan Syariah sangat ketat. Ketatnya persaingan antar Lembaga Keuangan Syariah, BMT NU Ngasem dituntut untuk menyusun strategi sebagai upaya-upaya yang harus dilakukan untuk menghadapi persaingan tersebut terutama dalam mengatasi permasalahan Non Performing Finance (NPF) atau pembiayaan bermasalah. Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menghadapi hal tersebut bisa berupa strategi pencegahan ataupun penanganan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penanganan, faktor - faktor penyebab, serta dampak dari pembiayaan bermasalah terhadap KSPPS BMT NU Ngasem Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan deskriptif. Metode studi kasus ini digunakan untuk mengumpulkan data, menganalisis informasi, dan memperoleh pemahaman dari kasus yang menjadi fokus penelitian. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara langsung kepada pihak-pihak yang bersangkutan. Data sekunder diperoleh melalui buku, jurnal, artikel, website, dan/atau data dari KSPPS BMT NU Ngasem Jawa Timur. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa faktor-faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah pada KSPPS BMT NU Ngasem Jawa Timur paling banyak disebabkan oleh faktor internal, yaitu kurangnya maintenance anggota KSPPS BMT NU Ngasem Jawa Timur. Faktor eksternal yang menyebabkan pembiayaan bermasalah pada KSPPS BMT NU Ngasem Jawa Timur biasanya adalah collapsenya usaha anggota. Namun, hal tersebut sangat bisa untuk diminimalisir jika maintenance anggota dilakukan dengan baik. Strategi penanganan pembiayaan bermasalah pada KSPPS BMT NU Ngasem Jawa Timur telah sesuai dengan prinsip syariah dan PBI no. 10/18/PBI 2008. Selain itu, strategi penanganan pembiayaan bermasalah pada KSPPS BMT NU Ngasem Jawa Timur memiliki asas kekeluargaan sehingga dalam penyelesaiannya dikedepankan komunikasi persuasif dengan jalin silaturahmi kepada anggota. Dampak pembiayaan bermasalah terhadap laba KSPPS BMT NU Ngasem Jawa Timur membuat pendapatan menjadi kurang maksimal dan Sisa Hasil Usaha (SHU) tidak memenuhi target, sehingga mengalami perlambatan perkembangan kantor cabang. Selain itu, dampak lainnya adalah membuat kinerja utama santri (pegawai) KSPPS BMT NU Ngasem Jawa Timur menjadi kurang maksimal karena harus menambah jadwal kunjungan pada anggota yang bermasalah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan saran kepada KSPPS BMT NU Ngasem Jawa Timur agar lebih teliti dan lebih selektif lagi dalam survey awal sebelum dicairkannya pembiayaan. Diharapkan penerapan analisis 5C di KSPPS BMT NU Ngasem Jawa Timur berjalan dengan baik agar tidak menyebabkan penambahan jumlah pembiayaan bermasalah. Memperbanyak jadwal kunjungan untuk maintenance anggota yang memiliki pembiayaan bermasalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusuma, Anggita Indahanggitaindahkusuma@gmail.com08010420005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansur, Ahmadamansur.uinsa@gmail.com2024097101
Subjects: Bank Koperasi
Ekonomi Islam
Keywords: Pembiayaan bermasalah; KSPPS BMT NU
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S.E. Anggita Indah Kusuma
Date Deposited: 27 Aug 2024 07:05
Last Modified: 27 Aug 2024 07:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72893

Actions (login required)

View Item View Item