Analisis penggunaan rekening bank konvesional sebagai layanan beasiswa di UIN Sunan Ampel Surabaya perspektif fatwa Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saripi, Lulu Septiana Dewi (2024) Analisis penggunaan rekening bank konvesional sebagai layanan beasiswa di UIN Sunan Ampel Surabaya perspektif fatwa Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lulu Septiana Dewi Saripi_05010520008.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Lulu Septiana Dewi Saripi_05010520008_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 August 2027.

Download (5MB)

Abstract

Pembahasan terkait bunga bank telah dibahas oleh Alim Ulama di Indonesia salah satunya dari organisasi Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama. Pembahasan tersebut membahas perbankan konvensional yang ada di Indonesia, lalu bagaimana penggunaan bank konvensional yang digunakan untuk layanan beasiswa dilihat dari Fatwa Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama serta manfaat perbankan dalam sistem perekonomian di Indonesia. Pada dasarnya bank konvensional sendiri memiliki prinsip operasional perangkat bunga sebagai pengoperasian banknya. Apakah praktik penggunaan bank konvensional sebagai layanan beasiswa di UIN Sunan Ampel Surabaya termasuk dalam kategori riba yang tertuan dalam Fatwa Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama tersebut. Serta bagaimana respons Mahasiswa KIP-K terhadap penggunaan rekening bank konvensional sebagai bank penyalur beasiswa tersebut. Data penelitian ini dihimpun menggunakan teknik library research, wawancara, observasi dan menggunakan pendekatan deskriptif analitis dan komparatif. Teknik analisis data menggunakan deskriptif deduktif yang selanjutnya disusun secara sistematis sehingga menjadi data yang konkrit mengenai penggunaan rekening bank konvensional sebagai layanan beasiswa di UIN Sunan Ampel Surabaya. Selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan Fatwa Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: Pertama, penggunaan rekening tabungan juara Bank BTN terhadap bunga yang diberikan perbulannya 0.50% dan potongan baya administrasi perbulan. Kedua, penggunaan hukum halal bisa didapatkan, walaupun demikian untuk dasar kehati-hatian lebih baik menggunakan perbankan syariah perlu digunakan dan dapat pula dihindari dengan tidak meggunakan hasil bunga tabungan yang diberikan perbankan konvensional. Sejalan dengan kesimpulan diatas, penulis menyarankan: Pertama, bagi Mahasiswa penerima KIP-K yang menggunakan rekening bank konvensional untuk bisa melakukan transaksi tarik tunai semua uang KIP-K jika sudah cair dengan menyisakan sedikit uang di dalam rekening tersebut, hal ini bertujuan untuk menghindar penggunaan uang riba dalam bunga bank konvesional. Kedua, dalam hal penggunaan rekening bank konvesnional sebagai sistem penerimaan beasiswa KIP-K UINSA, maka diharapkan dari pihak kampus dapat menggunakan rekening bank berbasis syariah, untuk menghindari adanya unsur riba dalam bank konvensional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saripi, Lulu Septiana Dewi05010520008@student.uinsby.ac.id05010520008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamidy, Abu Dzarrin Aladzarrin2015@gmail.com2004067302
Subjects: Bank Islam
Bank dan Perbankan
Beasiswa
Keywords: Perbankan; Fatwa Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Lulu Septiana Dewi Saripi
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:46
Last Modified: 29 Aug 2024 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72960

Actions (login required)

View Item View Item