Konsep Shura dalam tafsir Al-Tahrir Wa Al-Tanwir serta relevansinya di Indonesia: studi tafsir maudu’i atas ayat-ayat shura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakariya, Ach Wahyu (2023) Konsep Shura dalam tafsir Al-Tahrir Wa Al-Tanwir serta relevansinya di Indonesia: studi tafsir maudu’i atas ayat-ayat shura. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ach Wahyu Zakariya_E03219002 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ach Wahyu Zakariya_E03219002 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 September 2027.

Download (1MB)

Abstract

Shura merupakan salah satu term yang terdapat pada Alquran, dalam bahasa Indonesia disebut sebagai musyawara yakni suatu metode dalam menyelesaikan masalah secara lembut, dalam suatu sistem pemerintahan Shura menjadi bagian yang sangat penting. Oleh sebab itu penelitian ini mengambil Term Shura dengan menggunakan tafsir al-Tahrir Wa al-Tanwir alasan mengambil tafsir tersebut karena karena beliau hidup pada zaman di mana negaranya dipimpin oleh rezim yang otoriter, dan beliau merupakan bagian dari orang yang menentang rezim tersebut. Negara Indonesia sendiri merupakan negara yang menganuti sistem demokrasi sehingga penelitian ini berharap menemukan kerelevannan penafsiran Shura Ibn ‘Ashur dengan sistem pemerintaan di Indonesia. Problem yang akan dikaji dalam penelitian ini meliputi 1) bagaimana konsep Shura dalam tafsir al-tahrir wa al-tanwir karya Ibn ‘Ashur ?. 2) Bagaimana relevansi Shura dalam tafsir al-tahrir wa al-tanwir karya Ibnu ‘Ashur terhadap sistem pemeritahan indonseia ?.Maka untuk dapat menjawab problem tersebut menggunakan metode deskriptif yang artinya penggambaran agar dapat memberikan gambaran yang jelas pada tema yang diteliti. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif agar dapat membeikan suatu penjelasan secara mendalam. Teknik pengumpulan data menggunnakan cara penelusuran baik secara online atau offline pada suatu karya tulis. Kemudian dianalisis secara tematik yakni mengumpulkan ayat-ayat Shura atau yang se tema hingga menemukan makna yang holistik dan aktual dengan konteks kekinian. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa di dalam kitab tafsir al-tahrir wa al-tanwir ditemukan konsep Shura adalah membuka suatu masalah kepada orang lain untuk meminta pendapat dan saran dalam mengambil keputusan. Penjelasan musyawarah oleh Ibn ‘Ashur cukup relevan dengan sistem pemerintahan Indonesiayang tertuang dalam Pncasila dan UUD 1945. Dalam demokrasi pancasila masih mengutamakan nilai ketuhanan, serta metode musyawarah melalui sistem perwakilan juga bisa dibilang relevan dengan penafsiran Ibn ‘Ashur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakariya, Ach Wahyusubuhzakariya@gmail.comE03219002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Abuabu.bakar@uinsa.ac.id2004047303
Subjects: Cerita dalam Al Qur'an
Islam > Islam - Negara
Islam
Al Qur'an
Keywords: Shura; al-Tahrir wa al-Tanwir; Ibn ‘Ashur
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: ACH WAHYU ZAKARIYA
Date Deposited: 23 Sep 2024 05:53
Last Modified: 23 Sep 2024 05:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72969

Actions (login required)

View Item View Item