Pandangan santri PP al Hamidiyyah Tambakberas Jombang terhadap kajian filsafat Islam prepektif fenomenologi Edmund Husserl

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mughni, Muhammad Ali Hayyi (2023) Pandangan santri PP al Hamidiyyah Tambakberas Jombang terhadap kajian filsafat Islam prepektif fenomenologi Edmund Husserl. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ali Hayyi Mughni_E0129029 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 September 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Ali Hayyi Mughni_E0129029.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mengenai pemikiran filsafat sebagaian santri mungkin melihat nilai dalam menggunakan alat pemikiran filsafat untuk memahami prinsip-prinsip agama Islam dengan lebih mendalam. Mereka mungkin menganggap fenomenologi Husserl sebagai sarana untuk merinci dan menganalisis pengalaman spiritual dengan lebih tajam. Namun, disisi lain, ada pula santri yang mungkin merasa skeptis atau bahkan menolak kajian filsafat, terutama jika dianggap daapat mengarahkan pemahaman agama seharusnya bersumber langsung dari kitab suci dan tradisi keilmuan Islam, tanpa perlu melibatkan kerangka konsep filsafat barat. Penelitian ini bertujuan menjelaskan sebuah pandangan santri Pondok Pesantren Al Hamidiyyah Tambakberas Jombang terhadap kajian filsafat Islam yang menggunakan pemikiran filsafat fenomenologi milik Edmund Husserl. Menurut pemikiran fenomenologi Husserl ialah realitas sendiri yang tampak. Realitas objek yang tampak dihadapan subjek ditangkap oleh kesadaran itu adalah intensional. Dengan kajian filsafat fenomenologi Edmund Husserl dapat ditemukannya hasil penelitian yang menunjukan bahwa santri secara tidak langsung mempelajari tentang filsafat dari pembelajaran kitab-kitab yang ada di pondok pesantren. Dengan mereka mengetahui tentang filsafat dari pengalamannya masing-masing. Sehingga filsafat bisa dijadikan landasan para santri sebagai metode pemikiran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mughni, Muhammad Ali Hayyiayialhayyi@gmail.comE01219029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafisahal2@gmail.com2013086001
Subjects: Kecerdasan
Persepsi Guru
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Santri; filsafat Islam; prepektif fenomenologi; Edmund Husserl
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: S.Ag Muhammad Ali Hayyi Mughni Hayyi
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:14
Last Modified: 02 Sep 2024 08:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73001

Actions (login required)

View Item View Item